Harga Sembako Naik, Pemkab Muara Enim Langsung Beri Subsidi

Harga Sembako Naik, Pemkab Muara Enim Langsung Beri Subsidi

Memasuki H-1 lebaran Idul Fitri 1445 H, Pemkab Muara Enim kembali menggelar pasar murah dengan memberikan subsidi harga. Foto : DOK--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Memasuki H-1 lebaran Idul Fitri 1445 H, Pemkab Muara Enim kembali menggelar Pasar Murah dengan memberikan subsidi harga sembako.

Beberapa harga sembako dan komoditi sayur mayur mengalami kenaikan yang cukup signifikan akibat jumlah pedagang berkurang dan pasokan barang sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali.

Dari pantauan dan informasi di Pasar Inpres Muara Enim, Selasa 9 April 2024, hampir seluruh komoditi cenderung mengalami kenaikan.

Terutama yang sering digunakan oleh masyarakat seperti cabai, bawang merah dan putih, tomat, telur ayam, daging ayam, daging Sapi, ikan, dan lain-lain.

BACA JUGA:Jelang Lebaran, Pemkab Muara Enim Gelar Operasi Pasar Murah di Desa Pulau Panggung

Hal ini penyebabnya, selain jumlah pedagang mulai sedikit, juga pasokan barang dari agen juga sedikit bahkan ada yang tidak ada sama sekali.

"Hari ini, ikan Lele tidak ada sama sekali, sebab pasokan tidak ada terpaksa kita beli ikan Nila saja," ujar Arman (45) warga Muara Enim.

Menurut Arman, kenaikan ini, selalu terjadi setiap menjelang lebaran, tinggal kenaikannya berapa besar.

Hal ini karena banyak para pedagang yang tidak lagi berjualan karena pulang kampung dan sedikitnya pasokan dari agen.

BACA JUGA:Jelang Hari Raya Idul Fitri, Pj Bupati Muara Enim Sidak Pasar untuk Pastikan Ketersediaan Bahan Pokok

"Saya saya sangat terbantu dengan adanya Pasar Murah ini, sebab baru tahun ini ada. Setidaknya bisa membantu masyarakat bisa membeli dengan harga normal karena kenaikannya sudah disubsidi oleh Pemerintah," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan UMKM Kabupaten Muara Enim, Syarfuddin didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikutura, Ulil Amri dan forkopimda.

Tujuan Pasar Murah ini adalah untuk mengantisipasi terjadinya inflasi akibat lonjakan harga beberapa komoditi.

Untuk itu, Pemkab Muara Enim melakukan subsidi dengan harapan masyarakat tetap bisa membeli dengan harga normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: