Pesona Alam Sungai Mengkuang Gelumbang Menarik Untuk Dipromosikan Menjadi Destinasi Wisata di Muara Enim

Pesona Alam Sungai Mengkuang Gelumbang Menarik Untuk Dipromosikan Menjadi Destinasi Wisata di Muara Enim

Pesona Alam Sungai Mengkuang Gelumbang Menarik Untuk Dipromosikan Menjadi Destinasi Wisata di Muara Enim. FOTO : Istimewa--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Ramai menjadi pembicaraan masyarakat di media sosial, pesona keindahan alam sungai Mengkuang Desa Jambu Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim layak untuk dipromosikan menjadi destinasi wisata andalan di Sumatera Selatan (Sumsel).

Menurut informasi masyarakat setempat bahwa yang menarik dari lokasi itu yakni air sungainya tampak sebening kaca, airnya begitu jernih sehingga menarik banyak pengunjung untuk mandi, maupun basah-basahan di sekitar sungai.

Ditambah lagi dengan pemandangan alam yang ada disekitar Sungai Mengkuang itu juga tidak kalah menarik karena dipenuhi banyak pepohonan yang rindang.

Sebenarnya, tempat itu sudah lama dikenal masyarakat sebagai tempat rekreasi, namun karena kurangnya promosi sehingga tidak banyak yang mengetahui keberadaan lokasi, karena memang cukup jauh dari kota Kecamatan maupun kota Kabupaten Muara Enim.

BACA JUGA:4 Destinasi Wisata di Lahat Sumsel yang Wajib Dikunjungi, Nomor 3 Surganya Pecinta Air

BACA JUGA:6 Destinasi Wisata di Sumatera Barat Ini Mirip Luar Negeri, Cocok Dikunjungi Ketika Liburan Bersama Keluarga

Sehingga oleh pengelola, dan pemdes setempat, lokasi tersebut dijadikan tempat rekreasi masyarakat, yang dilengkapi dengan jembatan kayu sebagai tempat untuk penyeberangan.

Kepala Desa Jambu, Beni Sutarman menerangkan bahwa minimnya promosi wisata, dan pengelolaan yang profesional membuat Potensi wisata Sungai Mengkuang ini tidak banyak yang mengetahui. Akan tetapi, setelah ramai di-posting melalui media sosial baru lokasi itu banyak di datangi warga.

"Waktu sempat viral di postingan Instagram, dan tik tok Rossy Chy Ohy. Setelah itu banyak yang datang, dan baru muncul warung-warung sekitar lokasi, dan pengunjung menjadi semakin banyak,"terang Beni, Minggu 3 Maret 2024.

Diterangkan, yang menarik dari tempat ini yakni airnya dikenal sangat jernih, dan menarik warga untuk berenang, dan mandi di sungai.

BACA JUGA:Destinasi Wisata Alam Ayek Pacar Lahat, Rekomendasi Wisata Keluarga

BACA JUGA:Yuk Kunjungi! Ini 3 Rekomendasi Destinasi Wisata Menarik di Kota Tambang Batubara Tanjung Enim Sumsel

Bahkan, kata dia, warga bisa menyelam sampai dasar sungai dan melihat langsung kejernihan air sungai Mengkuang Desa Jambu Kecamatan Gelumbang ini.

"Saking jernihnya, warga bisa melihat langsung tanaman yang ada di dasar sungai ini," imbuh Beni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: