Petani Desa Muara Lawai Kecamatan Muara Enim Operasikan PLTS Bantuan Bukit Asam

Petani Desa Muara Lawai Kecamatan Muara Enim Operasikan PLTS Bantuan Bukit Asam

Peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) bantuan PT Bukit Asam Tbk untuk Para Petani di Desa Muara Lawai Kecamatan Muara Enim. FOTO : SIGIT/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Petani Desa Muara Lawai Kecamatan Muara Enim menikmati pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) bantuan PT Bukit Asam Tbk yang berupa saja diresmikan pada Sabtu 2 Maret 2023 di Dusun 1 Desa Muara Lawai Kecamatan Muara Enim Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan.

PLTS berkapasitas 57 Kilowatt Peak (kWp) itu bisa mengaliri air untuk irigasi sekitar 119 hektar sawah. Sehingga diharapkan bisa meningkatkan produksi panen padi 2 hingga 3 kali dalam satu tahun. Kemudian hasilnya akan berpotensi memberikan manfaat secara ekonomi kepada 298 petani yang ada di Desa Muara Lawai.

Melalui Kepala Desa Muara Lawai, Edi Wanseri, mewakili masyarakat khususnya petani mengucapkan terima kasih kepada PT Bukit Asam Tbk. Dimana, harapan para petani selama ini bisa terwujud berkat dari kepedulian dari perusahaan BUMN tersebut. Dikatan Edi, bahwa PLTS itu mulai dibangun sejak bulan September 2023 hingga selesai pada Januari 2024.

"Adanya pembangunan PLTS ini sangat membantu para petani di Desa Muara Lawai, dan sekitarnya. Karena para petani padi selama ini sangat membutuhkan saluran irigasi untuk menopang hasil pertaniannya. Sehingga yang selama ini petani hanya mengandalkan air tadah hujan, namun berkat adanya PLTS bantuan PTBA ini nantinya bisa panen 2 atau 3 kali setahun," terang Edi, saat memberikan sambutan pada peresmian PLTS di wilayahnya yang dihadiri unsur Muspida, dan Direksi PTBA.

BACA JUGA:Catat Sejarah Tertinggi, SBS Anak Usaha PTBA Tutup Buku 2022 dengan Peningkatan Laba 506 Persen

BACA JUGA:Produksi 37,1 Juta Ton Batubara, PTBA Catat Laba Bersih Tertinggi Rp12,6 Triliun

Peresmian PLTS di Desa Muara Lawai itu dihadiri PJ Bupati Muara Enim, H Ahmad Rizali MA, Dandim 0404/Muara Enim Letkol INF Nugraha SH MIP, perwakilan Kapolres Muara Enim, Direktur SDM PTBA Suherman, didampingi VP Sustainibility Hartono, AVP Sustainable Economics, Social And Environtment Mustafa Kamal.

Sementara itu, Direktur SDM PTBA, Suherman saat meresmikan PLTS di Desa Muara Lawai mengatakan, bahwa PLTS ini merupakan yang ke 3 dibangun PTBA di Kabupaten Muara Enim melalui program CSR Bukit Asam. Diharapkan dengan adanya PLTS ini bisa mensejahterakan petani, dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar PTBA.

"Alhamdulilah, pembangunan PLTS di Desa Muara Lawai ini pekerjaannya bisa selesai tepat waktu. Dan diharapkan ini bisa membantu para petani, dan mengenalkan energi terbarukan kepada masyarakat, dan inu wujud komitmen dari PTBA memberikan manfaat dan mensejahterakan masyarakat," terang Suherman.

Ditempat sama, PJ Bupati Muara Enim, H Ahmad Rizali MA dalam kegiatan ini meminta kepada masyarakat Desa Muara Lawai untuk ikut menjaga keberlangsungan dari PLTS tersebut. Sehingga, manfaat, dan kontribusi dari PTBA kepada masyarakat sekitar perusahaan dapat terus berkelanjutan.

BACA JUGA:Dukung Target Pemerintah Net Zero Emission 2060, PTBA Masuk ke Bisnis Energi Baru Terbarukan

BACA JUGA:PTBA Capai Produksi Batu Bara Tertinggi dalam 5 Tahun Terakhir

"Saya meminta kepada masyarakat untuk ikut menjaga PLTS ini, jangan sampai dirusak, karena adanya PLTS ini akan bermanfaat untuk petani yang ada disini," terang Rizali. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: