Pinus Berhasil Angkat Produk KUPS Unggulan di Sumsel

Pinus Berhasil Angkat Produk KUPS Unggulan di Sumsel

WORKSHOP TEMU REGIONAL : Direktur Pilar Nusantara (PINUS) Rabin Ibnu Zainal PhD bersama para petinggi instansi dalam Temu Regional bertajuk Perempuan dan Generasi Muda Pengelola Perhutanan Sosial, di Hotel Grand Daira Palembang. Foto: ist.--

ENIMEKSPRES.CO.IDPinus Berhasil Angkat Produk KUPS Unggulan di Sumsel.

Sejumlah Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) di Sumatera Selatan sukses menghasilkan produk-produk unggulan.

Terutama kopi dan produk turunan kopi seperti; parfum kopi, pengharum ruangan, lilin aromaterapi dan masker kopi.

KUPS-KUPS ini dibentuk oleh lembaga Pilar Nusantara (PINUS), utamanya di sejumlah kawasan di Semende, Kabupaten Muara Enim.

BACA JUGA:Asbak Rokok Bisa Mengeluarkan Aroma Kopi, Olahan Limbah Kayu Ini Tembus Pasar Ekspor

Hasil karya berupa produk kopi, parfum, dan lain-lain yang dimotori oleh para perempuan desa tersebut diangkat dalam talkshow Temu Regional bertajuk Perempuan dan Generasi Muda Pengelola Perhutanan Sosial di Hotel Grand Daira Palembang, Rabu, 20 Desember 2023. 

BACA JUGA:Simak Manfaat Lain Kopi Selain Diminum, Ternyata Bisa Dijadikan Masker Wajah loh! Yuk Dicoba

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Dirjen Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Dinas Kehutanan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel), Pilar Nusantara (Pinus), Ford Foundation, Pupuk Surabaya, serta sejumlah instansi lain bekerjasama dalam talkshow dan MoU tersebut.

Sejumlah instansi turut menandatangani kerjasama seperti MoU dengan PT Bukit Asam (PTBA) dan Universitas Sumatera Selatan (USS).

“Kegiatan ini untuk memperkuat dukungan dan kolaborasi para pihak bagi pengembangan Kelompok Usaha Perhutanan Sosial Perempuan dan Generasi Muda (KUPS PGM),” ujar Direktur Pinus, Rabin Ibnu Zainal, M.Sc, Ph.D. 

Pria yang juga menjabat Wakil Rektor II USS itu menyebut, Pilar Nusantara sudah berkontribusi di sejumlah provinsi di Tanah Air, seperti di Sumatera Selatan, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, bahkan sedang dikembangkan ke Aceh dan Riau.

BACA JUGA:Produksi 37,1 Juta Ton Batubara, PTBA Catat Laba Bersih Tertinggi Rp12,6 Triliun

“Untuk di Sumatera Selatan, LSM (NGO) nasional Pinus ini sudah berada di Semendo sejak 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: