Muara Enim Usulkan Pembangunan 8 Fly Over

Muara Enim Usulkan Pembangunan 8 Fly Over

RAPAT : Pemerintah Kabupaten Muara Enim merencanakan pembangunan fly over ataupun underpas di delapan perlintasan sebidang di dalam kota Muara Enim di ruang rapat Serasan Sekundang Muara Enim. FOTO : DOK/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM,ENIMEKSPRES.CO.ID - Untuk meminimalisir kemacetan dan lakalantas, Pemerintah Kabupaten Muara Enim merencanakan pembangunan fly over ataupun underpas di delapan perlintasan sebidang di dalam kota Muara Enim.

Hal tersebut terungkap dalam rapat yang dipimpin oleh Asisten II Pemkab Muara Enim H Riswandar SH MH juga dihadiri oleh PT KAI dan PT Bukit Asam tbk di ruang rapat Serasan Sekundang Muara Enim, Senin 30 Oktober 2023.

Menurut Riswandar bahwa delapan perlintasan sebidang di dalam kota Muara Enim yakni jalan Sumpah Pemuda, SMAN 1 Muara Enim, Pelita Sari, Pelawaran, Rumah Tumbuh, Dusun Muara Enim, Gedung Kesenian dan Rukun Damai.

Kedelapan perlintasan sebidang direncanakan akan dibuat fly over ataupun underpass, tidak harus semua, yang penting sebagian saja terbangun sudah bersyukur, mengingat aktivitas pengangkutan batubara saat ini sudah sangat padat sehingga menganggu kenyamanan dan keamanan dan kalau tidak disegerakan maka akan terjadi kemacetan dan itu didalam kota, terlebih di beberapa perlintasan tersebut sebelumnya sudah banyak memakan korban. 

BACA JUGA:2 Fly Over Tidak Cukup Atasi Kemacetan di Perlintasan Kereta Api Muara Enim-Palembang

BACA JUGA:Fly Over Sekip Ujung Palembang Kedepankan Seni dan Budaya Lokal

"Fly over itu tidak harus bagus namun melihat fungsinya. Dan  kami sudah melihat dari studi tiru di Bandar lampung, padahal kereta yang melintas kesana asalnya dari Muara Enim ini," terangnya.

Dalam hal ini perlu dilakukan kajian untuk itulah dilibatkan PT KAI karena ini di perlintasan juga mengajak PT BA. 

Sebab membangun fly over ataupun underpass membutuhkan kajian karena berkaitan dengan masyarakat pembebasan lahan yang tentunya anggaran yang tidak sedikit.

Perwakilan PT KAI, Adi Senjaya mengatakan bahwa dalam rencana pembangunan fly over ataupun underpass terlebih itu akan mengurangi pintu perlintasan PT KAI jelas akan mendukung.

BACA JUGA:Fly Over Gelumbang dan Bantaian Kedepankan Seni dan Budaya Muara Enim

BACA JUGA:Kementerian PUPR Pastikan Pembangunan Fly Over Gelumbang dan Bantaian Muara Enim, Ini Spesifikasinya

"Rapat ini akan akan jadi bahan diskusi dengan pimpinan dan juga harus ada rapat lanjutan terkait rencana ini," katanya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: