Antisipasi Karhutla, Polres Muara Enim Imbau Masyarakat Tidak Bakar Lahan

Antisipasi Karhutla, Polres Muara Enim Imbau Masyarakat Tidak Bakar Lahan

Polres Muara Enim melakukan sosialisasi dengan memasang spanduk dan memberikan bosur kepada masyarakat dalam Operasi Bina Kuruna Musi 2023. Foto : OZI/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Polres Muara Enim mengimbau masyarakat agar tidak membakar lahan.

Polres Muara Enim melakukan sosialisasi dengan memasang spanduk dan memberikan bosur kepada masyarakat dalam Operasi Bina Kuruna Musi 2023.

"Operasi ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan kesadaran kepada masyarakat terkait isu-isu lingkungan, khususnya mengenai bahaya membakar hutan lahan," ujar Kapolres Muara Enim, AKBP Andi Supriadi melalui Kasi Humas, AKP RTM Situmorang, Jumat 21 Juli 2023.

"Dengan operasi ini, Polres Muara Enim memberikan brusor kepada masyarakat dan memasang spanduk sebagai upaya untuk menyampaikan pesan larangan membakar hutan lahan," lanjut dia.

BACA JUGA:8 Kecamatan di Muara Enim Rawan Karhutla, Bakar Lahan Siap-siap Ditindak Tegas

Menurut Situmorang, upaya antisipasi tersebut Polres Muara Enim Polda Sumsel yakni melibatkan masyarakat dalam menjaga keberlanjutan dan kelestarian lingkungan serta memberikan informasi edukatif mengenai bahaya membakar hutan lahan.

Hal ini sangat penting dan positif untuk kesadaran lingkungan dan kesejahteraan manusia.

Sedangkan pemberian brusor bertujuan untuk memberikan informasi yang lebih detail dan edukatif kepada masyarakat mengenai bahaya dari aktivitas membakar hutan lahan serta dampak negatifnya terhadap lingkungan dan kesehatan manusia.

Selain itu, alternatif lain yang lebih ramah lingkungan juga perlu dijelaskan agar masyarakat dapat mengadopsi praktik yang lebih berkelanjutan.

BACA JUGA:Untuk Mengantisipasi Karhutla di Wilayahnya, Ini yang Dilakukan Pemkab Muara Enim

Pemasangan spanduk yang berisi pesan larangan membakar hutan lahan juga merupakan langkah efektif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga hutan dan lingkungan.

Spanduk dengan pesan yang jelas dan menarik dapat menarik perhatian masyarakat sehingga pesan yang ingin disampaikan lebih mudah dipahami dan diingat.

"Dengan begitu, diharapkan masyarakat akan lebih berpikir dua kali sebelum melakukan aktivitas membakar hutan lahan yang merugikan," ujarnya.

Untuk itu, lanjut Situmorang, melalui Operasi Bina Kuruna Musi 2023 ini, diharapkan masyarakat akan lebih sadar akan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan serta menghindari perilaku merusak seperti membakar hutan lahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: