Kabar Gembira, Jalan Tol Indralaya- Prabumulih Sebentar Lagi Segera Beroperasi. Ini Informasinya

Kabar Gembira, Jalan Tol Indralaya- Prabumulih Sebentar Lagi Segera Beroperasi. Ini Informasinya

PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) melakukan Uji Laik Fungsi jalan ton Indralaya-Prabumulih.(foto ist)--

ENIMEKSPRES.CO.ID, SUMSEL---Kabar gembira bagi masyarakat Kota Prabumulih dan sekitarnya. Jalan Tol Indralaya-Prabumulih sepanjang 65 km tidak lama lagi akan segera beroperasi dan bisa dilalui kendaraan.

Sebab jalan Tol Indralaya-Prabumulih yang merupakan sayap dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ini, sudah dilakukan uji laik fungsi pada 19-20 Juni lalu.

Uji Laik Fungsi  (ULF)ini ini, tujuannya untuk mengecek kelayakan jalan tol sebelum diberlakukan atau dioperasikan secara penuh.

Selain itu, uji laik fungsi tersebut dilakukan sebagai uji spesifikasi terhadap teknis persayaratan dan perlengkapan jalan tol. Guna memenuhi standar managemen dan keselamatan lalu lintas di jalan tol.

BACA JUGA:Toyota Calya Laku Keras di Pasaran, Ternyata Ini 6 Keunggulannya

Mengutip dari situs PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) selaku kontraktor, jalan tol Indralaya-Prabumulih ini pengerjanaan sudah mencapai 98,86 persen dan menunggu diterbitkannya sertifikat laik operasi.

Kapan pastinya, jalan tol Indralaya-Prabumulih ini beroperasi tentunya masih menunggu kesiapan jalan tol hingga 100 persen.

Executive Vice Presiden Sekretaris Perusahaan Tjahjo Purnomo menerangkan bahwa jalan tol Indralaya-Prabumulih sudah dilakukan ULF pada 19-20 Juni, yang dilakukan oleh sejumlah instansi terkait.

Seperti Badan Pengatur Jalan Tol, Bina Marga, Korlantas, BBPJN Sumsel dan instansi lainnya sudah melakukan peninjauan ke lapangan secara langsung.

BACA JUGA:Sambil Nongkrong Makan Jagung Bakar, Yuk Nikmati Sensasi Wisata Malam di Sekitar JSC Jakabaring Palembang

“Kita upayakan sertifikat ULF bisa terbit secepat mungkin atau paling cepat akhir Juni. Setelah itu baru akan dioperasikan penuh,” ujar Tjahjo Purnomo.

Seperti diketahui, jalan tol Indralaya-Prabumulih ini dengan panjang 65 km melintasi wilayah dua kabupaten dan satu kota yakni wilayah Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Muara Enim dan Kota Prabumulih.

Untuk kecepatan kendaraan dirancang 100 km perjam. Jalan tol Indralaya-Prabumulih memiliki fasilitas satu rest area. Di mana rest areanya memiliki fasilitas masjid, kantin, mini market dan SPBU yang masih dalam persiapan.

Selain itu, jalan tol Indralaya-Prabumulih ini sebelumnya sudah dibuka secara fungsional (sementara) sekitar dua minggu pada saat libur lebaran Idul Fitri lalu yang sudah dilintasi 43 ribu kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: