Ternyata Bukan Prabumulih, Dekat dengan Palembang Ini Kabupaten Penghasil Nanas Terbesar di Sumsel?

Ternyata Bukan Prabumulih, Dekat dengan Palembang Ini Kabupaten Penghasil Nanas Terbesar di Sumsel?

lima daerah penghasil nanas terbesar di Sumsel--

ENIMEKSPRES.CO.ID, SUMSEL—Meski terkenal sebagai kota nanas, bahkan memiliki icon tugu nanas. Ternyata Kota Prabumulih bukan penghasil nanas terbesar di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). 

Penghasil nanas terbesar besar atau dengan produksi berdasarkan kuintal) di Sumsel yakni Kabupaten Ogan Ilir (OI), yang wilayahnya dekat dengan Kota Palembang.

Provinsi Sumatera Selatan merupakan salah satu provinsi yang banyak memiliki tanaman buah-buahan termasuk buah nanas

Dari 17 kabupaten/kota yang ada di Sumsel, semua daerah rata-rata memiliki tanaman nanas, baik ukuran skala kecil maupun skala besar.

BACA JUGA:Raih ISO 22301, Bank Mandiri Pastikan Kehandalan Operasional Bisnis Berstandar Internasional dan Prinsip ESG

Dikutip enimekspres dari bps Sumsel berikut lima kabupaten/kota di Sumsel yang memiliki produksi nanas terbesar berdasarkan data pada 2022:

1. Kabupaten Ogan Ilir (OI)

Kabupaten Ogan Ilir merupakan kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten OKI sejak 19 tahun lalu. Kabupaten yang memiliki semboyan Caram Seguguk tersebut merupakan penghasil tanaman nanas terbesar di Sumsel yakni dengan hasil produksi nanas sebanyak 4.215.919 kuintal.

Tanaman nanas di Kabupaten Ogan Ilir hampir tersebar disemua kecamatan yang ada di Kabupaten Ogan Ilir. Mulai dari Kecamatan Indralaya, Kecamatan Tanjung Batu, Kecamatan Payaraman dan sejumlah kecamatan lain.

2. Kabupaten Muara Enim 

Kabupaten Muara Enim menempati nomor urut dua sebagai penghasil nanas dengan produksi terbanyak di Sumsel. Pada 2022 lalu, Kabupaten Muara Enim menghasil sebanyak 4.75.056 kuintal nanas.

BACA JUGA:Cari Hotel dekat Bandara Palembang, Santika Primier Pilihannya. Ke Bandara Cuma Tiga Menit

Tanaman nanas banyak terdapat di Kecamatan Belimbing, Lembak, Belide Darat, Kelekar, Kecamatan Sungai Rotan dan Kecamatan Gelumbang.

3. Kota Prabumulih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: