Miliki 7.964 Penduduk Berada di Dua Pinggiran Sungai, Bisa Tebak Kecamatan Apa di Kabupaten Muara Enim?

Miliki 7.964 Penduduk Berada di Dua Pinggiran Sungai, Bisa Tebak Kecamatan Apa di Kabupaten Muara Enim?

Salah satu sudut desa yang ada di Kecamatan Muara Belida (foto ist)--

ENIMEKSPRES.CO.ID, MUARA ENIM---Kabupaten Muara Enim merupakan salah satu daerah yang memiliki kepada kepadatan penduduk di Provinsi Sumatera Selatan. Kabupaten Muara Enim secara administratif memiliki wilayah 22 kecamatan, dengan rinciang 256 desa dan 10 kelurahan.

Total Kabupaten Muara Enim memiliki jumlah penduduk sebanyak 622.322 jiwa.

Jumlah penduduk tersebut tersebar di 22 kecamatan, dengan kecamatan yang memiliki kepadatan penduduk yakni Kecamatan Muara Enim yang merupakan ibukota dari Kabupaten Muara Enim.

Sangat wajar jika Kecamatan Muara Enim merupakan kecamatan yang padat penduduk.

BACA JUGA:Tiga Kecamatan Terdingin di Muara Enim, Tidur di sana Harus Pakai Selimut. Ini Alasanya

Dikarenakan sebagai ibukota kabupaten, Kecamatan Muara Enim merupakan pusat ekonomi Kabupaten. Setiap tahun terus mengalami perkembangan wilayah dan jumlah penduduk juga bertambah.

Kecamatan Muara Enim memiliki enam kelurahan dan 10 desa. Enam Kelurahan tersebut yakni Kelurahan Muara Enim, Kelurahan pasar I, Kelurahan pasar II, Kelurahan Pasar III, Kelurahan Tungkal, Kelurahan Air lintang. 

Kemudian 10 desa yang ada di Kecamatan Muara Enim yakni Desa Harapan Jaya, Desa Kepur, Karang Raja, Lubuk Ampelas, Tanjung Jati, Muara Lawai, Tanjung Raja, Muara Harapan, Desa Sakajaya dan Desa Tanjung Serian.

Sementara Kecamatan yang paling sedikit memiliki penduduk yakni Kecamatan Muara Belide memiliki 7.964 penduduk/jiwa. Kecamatan Muara Belida hanya memiliki delapan desa yakni Desa Arisan Musi, Arisan Musi Timur, Gedung Buruk, Harapan Mulia, Kayuara Batu, Mulia Abadi, Patratani dan Desa Tanjung Baru.

BACA JUGA:Kenapa Daihatsu Sigra dan Toyota Calya Lebih Irit BBM? Ini Jawabannya

Kecamatan Muara Belida ini berada di dua pinggiran sungai yakni Sungai Lematang dan Sungai Musi. Kecamatan Muara Belida merupakan kecamatan ujung dari Kabupaten Muara Enim dan berada didataran rendah dan wilayahnya sangat dekat dengan Kota Palembang.

Untuk ke Palembang bisa ditempuh dengan speedboad sekitar 30 menit dan menggunakan perahu motor sekitar satu jam.

Sementara untuk ke Muara Enim sebagai ibukota Kabupaten, dari Kecamatan Muara Belida membutuhkan waktu sekitar 4 jam perjalanan darat.

Berikut data lengkap jumlah penduduk Kabupaten Muara Enim pada 2022:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: