Gelar Aksi Peduli Lingkungan, Insan Bukit Asam Berhasil Kumpulkan 1 Ton Sampah dari Sungai Enim

Gelar Aksi Peduli Lingkungan, Insan Bukit Asam Berhasil Kumpulkan 1 Ton Sampah dari Sungai Enim

PT Bukit Asam gelar susur sungai membersihkan sampah di Sungai Enim dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023. Foto : SIGIT/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023 di lingkungan PT Bukit Asam Tbk, digelar acara susur sungai.

Kegiatan dipusatkan di Taman Love Bukit Asam Tanjung Enim ini melibatkan lebih dari 300 peserta yang berasal dari 5 komunitas, pelajar, serta 45 mitra kerja dari perusahaan BUMN ini, pada Sabtu 10 Juni 2023.

Susur Sungai Enim dengan aksi bersih-bersih sampah itu menggunakan puluhan perahu karet.

Acara dimulai dari Simpang BTN Air Paku sampai Taman Love Bukit Asam, hingga Desa Lingga, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Sumsel.

BACA JUGA:Kisah Sukses Pemuda Tanjung Enim Berkat Beasiswa PT Bukit Asam, Kini Calon Hakim di Pengadilan Agama Sibuhuan

GM UPTE PT Bukit Asam, Venpri Sagara membuka acara ditandai dengan pemukulan gong, serta penyematan Alat Pelindung Diri (APD) atau pelampung kepada perwakilan peserta.

Dikatakan Venpri, bahwa acara ini digelar serentak di seluruh Indonesia oleh perusahaan-perusahaan di bawah Kementerian BUMN.

PT Bukit Asam salah satunya menggelar di sekitar operasional tambang Tanjung Enim.

Adanya kegiatan ini, diharapkan bisa menjadi contoh kepedulian terhadap kebersihan Sungai Enim.

BACA JUGA:PT Bukit Asam Gelar Pelatihan Tanggap Darurat Bencana Kebakaran

"Dari sepanjang rute yang dilalui, peserta akan membersihkan sampah lalu dikumpulkan untuk dipilah-pilah, kemudian dikirim ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Sampah," terang Venpri.

Dijelaskan, selain menggelar acara itu, PT Bukit Asam memperingati Hari Lingkungan Hidup tahun dengan melaksanakan acara lainnya, antara lain pemilihan duta lingkungan diikuti pelajar sekitar perusahaan.

Lalu kemudian mereka diberikan pembekalan tentang tata kelola, dan pengolahan lingkungan hidup, acara Green Minning, sosialisasi pengolahan sampah untuk pelajar tingkat SD hingga SMA/SMK sederajat.

Ada juga Tracking Danau Cinta, dan program dari Tanjung Enim Kota Wisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: