PLTU Sumsel 8 dan PLTU Tanjung Enim, 2 Raksasa Listrik Indonesia Ada di Muara Enim, Tapi Selalu ‘Mati Lampu’

PLTU Sumsel 8 dan PLTU Tanjung Enim, 2 Raksasa Listrik Indonesia Ada di Muara Enim, Tapi Selalu ‘Mati Lampu’

Ilustrasi listrik padam. Foto : Net--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Mulut Tambang Sumsel 8 dan PLTU Tanjung Enim adalah 2 perusahaan listrik raksasa di Indonesia yang ada di Muara Enim, Sumsel, tapi anehnya daerah ini selalu ‘mati lampu’ alias listrik padam.

Bertahun-tahun, bahkan puluhan tahun terakhir masyarakat Kabupaten Muara Enim, lebih khusus lagi Kota Muara Enim sebagai ibu kota kabupaten harus menghadapi mati lampu yang nyari setiap hari.

“Lebih kesal lagi, tanpa hujan tanpa angin tiba-tiba mati lampu. Katanya lumbung energi Sumsel apa lumbung energi nasional ada di Muara Enim. Ini aneh,” kata Fakhrurrozi Achmad, tokoh pemuda Muara Enim kepada enimekspres.co.id, Sabtu 3 Juni 2023.

Fakhrrurozi yang mengaku sudah 20 tahun terakhir menetap di Kota Muara Enim, jadi sudah memahami bahwa daerah kebanggaannya selalu harus dihadapkan dengan mati lampu atau listrik padam sewaktu-waktu.

BACA JUGA:4 Cara Mencegah Terjadinya Korsleting Listrik di Rumah, Nomor 3 Harus Dilakukan

BACA JUGA:14 Penyebab Korsleting Listrik Pada Mobil, Nomor 12 Patut Diwaspadai, Bahaya!

“Kendak dio (listrik) bae, asak nak mati, yo mati (listrik),” tegasnya geram.

Soal kekesalan masyarakat akan sering padam listrik ini sempat direspons serius oleh 2 Plt Bupati Muara Enim.

Sebelumnya, pada 2021  lalu, Plt Bupati Muara Enim Nasrun Umar saat melakukan kunjungan kerja ke PLTU Mulut Tambang Sumsel 8 menaruh perhatian banyak agar suplai listrik bagi masyarakat selalu terjamin.

Berikutnya, Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah dalam tahun 2023 ini saja sudah 2 kali memangggil manajemen PLN ke kantornya untuk menyampaikan keluhan masyarakat tentang seringnya mati lampu di Muara Enim.

BACA JUGA:Bagaimana Cara Kerja PLTU Mulut Tambang Sumsel 8 Batu Bara Sehingga Bisa Hasilkan Arus Listrik?

BACA JUGA:Siap-siap! Hari Ini Listrik Akan Dipadamkan Selama 5 Jam

Kaffah meminta manajemen PLN untuk terus berupaya keras agar jangan lagi terlalu sering pemadaman listrik.

Demikian pula saat kunjungan kerja ke PLTU Mulut Tambang Sumsel 8 di Desa Tanjung Lalang, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Sumsel pada 4 Mei 2023 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: