Jaraknya 6 Jam dari Palembang, Wilayah ini Memiliki Kopi Ternikmat Kebanggaan Warga Kabupaten Muara Enim

Jaraknya 6 Jam dari Palembang, Wilayah ini Memiliki Kopi Ternikmat Kebanggaan Warga Kabupaten Muara Enim

Semende Raya berada di dataran tinggi pada 1400 mdpl dan dikelilingi bukit barisan dan memiliki potensi perkebunan kopi yang terkenal hingga nasional--

ENIMEKSPRES.CO,ID—Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) khususnya Kabupaten Muara Enim memiliki kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah, seperti halnya perkebunan kopi.

Di Kabupaten Muara Enim, setidaknya ada tiga kecamatan yang wilayahnya paling banyak memiliki perkebunan kopi yakni di Kecamatan Semende Darat Laut (SDL), Semende Darat Tengah (SDT) dan Semende Darat Ulu (SDU) atau yang dikenal dengan Semende Raya.

Selain itu, sebagain perkebunan kopi juga terdapat di Kecamatan Panang Enim dan Kecamatan Tanjung Agung. Yang paling terkenal adalah kopi Semende

Wilayah Semende Raya berada di dataran tinggi dikeliling bukit barisan. Semende Raya berada diketinggian 1400 mdpl. Wilayah tiga kecamatan Semende berjarak sekitar 6 jam dari pusat kota Palembang sebagai ibukota Sumatera Selatan. 

Kalau dari ibukota Muara Enim untuk ke Semende bisa ditempuh dengan jarak 2-3 jam perjalanan.Di Semende Raya terbentang luas hamparan kebun kopi disegala sudut desa. Menjadi petani kopi dan bertani di sawah dan kebun sayur sudah menjadi mata pencarian warga Semende yang sudah turun temurun.

Kopi sudah menjadi kebanggan warga Semende, dengan kopi Semende sangat terkenal di Sumsel dan Nasional. Di tiga Kecamatan Semende, terdapat dua jenis kopi yang ditanam masyarakat yakni kopi arabica dan kopi robusta.

Kopi Semende terkenal nikmat, baik di wilayah Sumsel maupun nasional. Bahkan kopi Semende sudah sering dipromosikan Pemerintah Daerah Muara Enim dalam berbagai ajang bisnis di eropa dan dunia internasional lainnya.

Kopi Semende terkenal harum, kental, tidak terlalu pahit dan nikmat saat disedu. Kopi Semende juga enak dinikmati bersama makanan ringan lain atau dinikmati sembari merokok. Khusus di wilayah Muara Enim memiliki potensi produksi kopi 26.309 ton biji kering.

Sementara untuk luasan kebun kopi yang ada di Kabupaten Muara Enim yakni 23.101 hektar. Selain itu, kopi semende untuk kopi robustanya sudah mendapatkan sertifikat indikasi geografis.(@al) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: