Kurangi Kemacetan, Lalu Lintas Kereta Api Babaranjang Dikurangi

Kurangi Kemacetan, Lalu Lintas Kereta Api Babaranjang Dikurangi

Kereta Api (KA) Babaranjang. Foto : KABAR BUMN/NET--

PALEMBANG, ENIMEKSPRES.CO.ID - Untuk mengurangi kemacetaan, lalu lintas Kereta Api (KA) angkutan batu bara rangkaian panjang (Babaranjang) dikurangi.

Executive Vice President PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Divre III Palembang, Yuskal Setiawan, di Palembang pada Rabu 16 April 2023 mengatakan, pengurangan cukup signifikan, yakni mencapai 20 perjalanan.

Kata Yuskal, selain pengurangan hingga 20 perjalanan, saat waktu-waktu tertentu, perjalanan KA Babaranjang akan stop terlebih dahulu di stasiun terdekat untuk mengurai kemacetan.

Terlebih saat ini, arus balik dari Lebaran 2023 sekaligus dalam rangka libur cuti bersama Idul Fitri 1444 Hijriyah, arus lalu lintas di jalan Negara atau jalan utama, khususnya Muara Enim-Palembang cukup padat.

BACA JUGA:Kabar Terbaru, Jalan Tol Prabumulih-Muara Enim Sumsel Dimulai Setelah 2024, Segini Anggarannya

BACA JUGA:3 Berita Terpopuler: Rara LIDA Gelar Open House, Kelanjutan Tol Prabumulih-Muara Enim, Bansos Cair Lagi

Kapolda Sumsel, Irjen A Rachmad Wibowo menyambut baik dan mengapresiasi kebijakan dari PT KAI.

Menurut Kapolda, dirinya menyampaikan kepada manajemen PT KAI bahwa di musim arus balik Lebaran 2023 ini banyak keluhan dari masyarakat tentang kemacetan jalan di perlintasan Kereta Api.

Khusus dari Muara Enim ke Palembang saja, kata Kapolda, ada 34 perlintasan Kereta Api yang berpotensi penyebab kemacetaan arus lau lintas kendaraan.

“Betul, kalau dari Muara Enim ke Palembang bisa menghabiskan waktu antara 7 sampai 8 jam. Faktor utamanya karena sering macet panjang di perlintasan kereta api,” kata Sigit Rahadjo, warga Muara Enim kepada enimekspres.co.id, Kamis 27 April 2023.

BACA JUGA:Alhamdulillah, Ada Kabar Gembira Untuk Tenaga Honorer, Menpan-RB Janji Tidak Ada PHK Massal, Ini Katanya

BACA JUGA:Antisipasi Kemacetan di Perlintasan Kereta Api, Polres Muara Enim Minta PT KAI Atur Ulang Jadwal Operasional

Untuk itu, dia selaku warga Sumsel berterima kasih kepada Kapolda Sumatera Selatan dan manajemen PT KAI yang telah berupaya keras mengatasi kemacetan di perlintasan Kereta Api.

“Terima kasih Pak Kapolda dan terima kasih PT KAI. Arus balik Lebaran 2023 mulai lancar lagi,” tutupnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: