Dinas Kesehatan Muara Enim Sumsel Targetkan Zero Malaria

Dinas Kesehatan Muara Enim Sumsel Targetkan Zero Malaria

Dinas Kesehatan Muara Enim targetkan Kabupaten Muara Enim zero malaria. Foto : OZI/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Dinas Kesehatan Muara Enim, menargetkan Bumi Serasan Sekundang zero kasus malaria.

Target itu disampaikan rapat pertemuan penguatan perencanaan dan penganggaran Pemerintah Daerah dalam upaya dan pencegahan penyakit AIDS, TBC, Malaria Kabupaten Muara Enim 2023 di ruang rapat Pangripta Sriwijaya Kantor Bappeda Muara Enim, Rabu 29 Maret 2023.

"Mohon doa dan dukungannya. Semoga Kabupaten Muara Enim zero malaria," kata Kepala Dinas Kesehatan Muara Enim, dr. Eni Zatila kepada awak media usai menghadiri rapat.

Eni menjelaskan, tiga penyakit HIV/AIDS, TBC, Malaria memang perlu integrasi program, bukan hanya Dinas Kesehatan, tetapi juga OPD-OPD terkait, termasuk program CSR.

BACA JUGA:Vakisinasi Booster Tak Lagi Jadi Syarat Mudik

Disebutnya, jika hanya mengandalkan Dinas Kesehatan, maka tidak akan selesai seperti menyelesaikan masalah stunting dan masalah jamban.

"Nah ini seluruh permasalahan kesehatan. Kita harapkan seluruh OPD yang terkait saling sinergi, seperti contoh tuberkulosis ada tiga penyebab, ada tiga lingkaran, ada tiga sisi. Namun yang harus kita intervensi yaitu dari agentnya sendiri, karena agent-agentnya itu adalah kumannya," jelas dia.

Eni menerangkan kuman penyebab proses.

Kemudian pasiennya harus diobati dan lingkungan harus diintervensi.

BACA JUGA:Tetap Sehat dan Bugar Menjalani Puasa Ramadhan, Cukup Jaga 3 Hal

"Tidak bisa oleh Dinas Kesehatan sendiri. Misal rumah pasien atau masyarakat tidak sehat ada kolaborasi OPD terkait ikut turun berperan langsung," tutup Eni. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: