Tetap Sehat dan Bugar Menjalani Puasa Ramadhan, Cukup Jaga 3 Hal

Tetap Sehat dan Bugar Menjalani Puasa Ramadhan, Cukup Jaga 3 Hal

berbuka dengan air putih dan memakan kurma agar tubuh tetap sehat--

ENIMEKSPRES.CO.ID---Saat puasa Ramadhan setidakya kita menahan haus dan lapar kurang lebih 13 jam. Nah, bagaimana cara agar kita tetap sehat dan bugar menjalani puasa Ramadhan, cukup jaga tiga hal ini.

Pertama, jaga pola makan. Baik itu makan saat berbuka maupun saat makan sahur.

Makan saat berbuka, biasanya dikarenakan terlalu lama menahan lapar dan haus. Saat berbuka adalah waktu yang tepat untuk makan sebanyak mungkin. Kalau menuruti nafsu, rasanya semua hidangan yang ada dimeja, semuanya ingin dimakan. Misalnya, langsung makan yang berkarbohidrat tinggi nasi, roti, mie, dan makanan yang berminyak seperti gorengan. Karena makan terlalu banyak, perut menjadi sesak dan penuh. Makan yang terlalu banyak, membuat badan menjadi berat, malas bergerak akibat kekenyangan. Akibatnya untuk beraktifitas menjalan sholat magrib dan sholat tarawih badan menjadi berat.

Disarankan saat berbuka, kita bisa menghindari untuk minum kopi atau minuman bersoda. Hal ini akan menyebabkan kita akan sulit tidur dan banyak menimbulkan lemak ditubuh. Disarankan makan-makanan yang bergizi seperti sayur-sayuran, buah-buahan dan memperbanyak air putih. Kalaupun diperlukan untuk makan nasi, jangan terlalu banyak hingga membuat kekenyangan.

Kemudian makan sahur adalah hal yang terpenting untuk menjaga tubuh kita mendapatkan asupan gizi, agar saat menjalani puasa disiang hari tubuh tetap sehat dan bugar. Disarankan untuk banyak konsumsi makanan yang tinggi serat seperti sayur, buah-buahan. Serta menghindari makanan yang terlalu banyak minyak, karena akan menyumbat pembuluh darah. Sebab akan mengakibatkan badan menjadi lemas, mata mengantuk. Selain itu dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin, agar tubuh tetap sehat.

Kedua, menjaga pola tidur.

Agar kita segar saat bangun sahur, syaratnya jangan tidur terlalu malam atau bergadang. Idealnya kita  tidur malam selama 8 jam  untuk menjaga tidur yang berkualitas. Setidaknya saat Ramadhan, jika ingin makan sahur jam 3 dinihari, disarankan sebisa mungkin jam 8 atau 9 malam kita sudah tidur. Kalau tidak bisa menjaga tidur dengan baik, misalnya jam 12 malam atau lebih baru bisa tidur. Maka dipastikan saat bangun tidur, kita masih dalam posisi mengantuk dan badan terasa lesu.

Ketiga, menjaga aktifitas fisik

Meski berpuasa, kita tidak disarankan untuk bermalas-malasan. Kita tetap bisa melakukan aktifitas olahraga riang, dengan berjalan kaki saat pagi atau sore hari sekitar 30 menit. Hal ini untuk menjaga tubuh tetap sehat dengan mendapatkan udara yang segar.

Dengan menjaga tiga hal tersebut, insyah allah kita akan selalu sehat dan segar menjalan puasa Ramadhan satu bulan penuh. Menjaga makan tidak terlalu banyak dan mengkonsumsi makanan yang bergizi menjadi kunci agar tubuh kita tetap sehat. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan, perbanyak ibadah untuk meraih pahala berlipat.

Sementara itu, menurut dosen Ilmu penyakit dalam Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat Universitas Gajah Mada Yogyakarta, Dr dr Probosuseno Sp PD-K Ger FINASIM SE MM mengungkapkan bahwa puasa Ramadhan membawa manfaat untuk kesehatan tubuh.  Dalam sebuah penelitian yang dibuat dalam Journal Of American Heart Assocation, disebutkan bahwa puasa Ramadhan bisa menurunkan berat badan,kadar lemak dan tekanan darah.

“Sebaiknya agar tetap sehat, selama puasa kita tidak mengkosumsi makanan yang berlebihan. Tetap mengkonsumsi gizi yang seimbang, agar puasa lebih optimal,” ungkap Probosuseno dalam laman website resmi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM.(@al)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: