Cara Mudah Mengkhatam Al Quran Selama Ramadhan, Ini Trik-nya

 Cara Mudah Mengkhatam Al Quran Selama Ramadhan, Ini Trik-nya

foto ilustrasi seorang ustazah menyimak santri membaca al quran--

ENIMEKSPRES.CO.ID---Bulan Ramadhan adalah momentum bagi ummat Islam untuk menggapai pahala yang berlipat. Salahsatunya dengan membaca dan mengkhatam al quran selama ramadhan.

Kamu bisa mengkhatam al quran selama Ramadhan, bukan hanya sekali tapi bisa beberapa kali. Kuncinya dengan bersungguh-sungguh dan komitmen untuk membaca al quran guna mengharap pahala yang berlipat.

Berikut trik dan cara mudah  mengkhatam al quran satu hingga kali selama Ramadhan. Jika kamu ingin mengkhatam al quran satu kali, maka kamu harus membaca al quran sebanyak dua lembar setiap sholat fardu (Magrib 2 lembar, isya 2 lembar, subuh 2 lembar, zuhur 2 lembar, ashar 2 lembar). Agar tidak terlalu membosankan, target dua lembar setiap sholat fardu tersebut, kamu bisa membaca Al quran dengan cara mencicilnya 1 lembar sebelum sholat dan 1 lembar sesudah sholat. Bisa juga dengan cara lain, membaca al qurannya dicicil dalam waktu senggang. Dengan catatan dalam sehari (24 jam) kamu menyelesaikan membaca al quran sebanyak 10 lembar. Agar target mengkhatam al quran dalam satu bulan bisa tercapai.

Kemudian, jika kamu ingin mengkhatam al quran sebanyak 2 kali dalam satu bulan selama Ramadhan. Kamu harus bisa membaca al quran sebanyak 4 lembar setiap sebelum maupun sesudah sholat fardu. Bisa juga dengan membaca al quran disela-sela waktu senggang dengan target dalam sehari bisa membaca 20 lembar. Maka kamu dipastikan bisa mengkhatam al quran dua kali selama Ramadhan.

Begitu juga, jika kamu ingin mengkhatam Al Quran sebanyak tiga kali selama Ramadhan. Kamu harus bisa membaca Al quran sebanyak 6 lembar sesudah atau sebelum sholat fardu. Bisa juga kamu menggunkan trick yang lain sama seperti yang di atas. Catatan, jika Ramadhan hanya 29 hari kamu bisa menambahkan satu lembar dari trik di atas.

Sementara itu, Ustad Adi Hidayat mengatakan mengkhatam Al Quran selama Ramadhan yang bisa dilakukan secara bersama-sama dengan teman-teman lain hukumnya diperbolehkan maupun bisa mengkhatam al quran dengan sendirian.

Menurut Adi Hidayat, mengkhatam al quran bersama-sama selama Ramadhan bisa dilakukan dengan tadarus bersama usai sholat tarawih. Teknisnya ada yang membaca, dan ada yang menyimak untuk membetulkan bacaan. Targetnya dalam sekali tadarus dapat satu juz, maka selama Ramadhan akan selesai khatam al quran. “Bisa juga mengkhatam al quran secara mandiri, dengan cara bagi membaca al quran sebelum dan sesudah sholat lima waktu. Dengan target yang sama dalam satu haru dapat satu juz,” urai Adi Hidayat.

Selamat mencoba, semoga kita semua mendapatkan pahala yang berlipat dengan membaca al quran selama bulan Ramadhan.(@al)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: