Mengenali Karakter Anak dan Cara Menghadapinya

Mengenali Karakter Anak dan Cara Menghadapinya

Abi Fakhri Nabhan Robbani. Foto : DOK/ENIMEKSPRES.CO.ID--

ENIMEKSPRES.CO.IDMenjadikan anak soleh dan solehan bukan tugas orang tua saja, tapi guru di sekolah juga memiliki andil di dalamnya.

Orang tua yang sudah menitipkan anaknya di sekolah merupakan amanah yang raus diemban oleh guru, walaupun menjadikan anak yangbaik tidaklah mudah.

Berikut mengenali karakter anak dan cara menghadapinya menurut penulis buku ‘Aku Bangga dan Bahagia Menjadi Guru’ karangan Roni Indra, SPsi alias Abi Fakhri Nabhan Robbani.

1. Anak banyak bergerak, tidak mau diam

Biasanya, anak akan banyak bergerak bila dalam suatu tempat dalam waktu lama.

BACA JUGA: 7 Tips Menjadi Guru Jenius, Simak Lengkap di Sini

Meskin pun itu baik dalam peningkatan keceradasan mereka. Cara mengatasinya, beri dia pekerjakaan bermanfaat untuk menyibukkan dirinya.

2. Sering meniru

Guru di mata anak adalah segalanya. Oleh karena itu guru hendaknya memiliki akhlak yang baik karena akan memberi kontribusi yang besar untuk sifat dan akhlak anak.

Selain memposisikan diri sebagai model, guru dapat memberikan cara lain untuk memberi informasi positip kepada anak didiknya yakni dengan menceritakan kisah kisah tauladan seperti kisah Nabi, para sahabat atau orang-orang sholeh lainnya.

BACA JUGA: 8 Tips Menjadi Guru Cerdas dan Pintar

Kisah ini dapat disajikan dalam metode pembelajaran ceramah drama bahkan dapat diberikan dengan cara menonton film kisah-kisah tersebut. Perdengarkan kepada mereka lagu yang berisikan motivasi. 

3. Banyak bertanya

Anak bisanya suka bertanya. Guru harus memilki keahlian dalam menjawa setiap pertanyaan anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: