Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT dalam Kegiatan Proses Belajar Mengajar di Kelas

Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT dalam Kegiatan Proses Belajar Mengajar di Kelas

Ica Monika. Foto : DOK/ENIMEKSPRES.CO.ID--

SEIRING dengan perkembangan zaman, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan, Information and Communication Technology (ICT) telah mempengaruhi seluruh aspek kehidupan manusia baik dalam dunia pekerjaan, bisnis, bahkan pendidikan sudah bisa menggunakan ICT.

Selain itu, teknologi juga diakui oleh banyak orang sebagai sarana pendorong perubahan seperti dalam dunia Pendidikan.

Sebuah evolusi dunia pembelajaran dimana proses pembalajaran kini dapat diakses melalui internet, selain guru ada dua unsur yang amat penting yaitu metode pembelajaran yang digunakan dan media pembelajaran yang diimplementasikan dalam pembelajaran.

Hal ini juga menjadi tantangan bagi seorang guru untuk menggunakan kreativitas dalam memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran salah satunya menerapkan Media Pembelajaran Berbasis ICT.

Media Pembelajaran ICT adalah sarana yang digunakan sebagai perantara guru menyampaikan pesan pembelajaran kepada siswa dengan cara menampilkan gambar, audio, dan tulisan yang bisa menarik perhatian, dapat meningkatkan motivasi belajar, sehingga siswa menjadi semangat dalam belajar, mencari ilmu dan informasi terkait yang disampaikan oleh guru.

Masih banyak guru yang belum memanfaatkan teknologi karena kurangnya pengetahuan guru terhadap internet bahkan ada guru yang hanya menggunakan buku saja sebagai media pembelajaran hal ini menjadi salah satu tantangan dalam penggunaan media pembalajaran berbasis ICT di sekolah.

Tetapi masalah ini masih bisa diatasi jika ada kesadaran dari pihak guru itu sendiri bahwa teknologi sekarang sudah banyak sekali manfaatnya salah satunya guru bisa mencari tutorial membuat atau mengembangkan media pembelajaran bisa di search pada aplikasi youtube maupun di Google, bahkan video pembelajaran di YouTube bisa menjadi media pembelajaran di kelas.

Sekarang sudah bukan zamannya lagi tidak mengenal teknologi oleh karena itu guru harus dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam menggunakan internet sehingga bisa memanfaatkannya menjadi media pembelajaran di kelas.

Bukan hanya tantangan bagi seorang guru saja yang menjadi masalah dalam menerapkan media pembelajaran berbasis ICT di kelas, tetapi pihak sekolah juga menjadi hal yang mendorong media pemebelajaran ini sulit diterapkan.

Yaitu kurangnya fasilitas dan sarana yang dimiliki oleh pihak sekolah untuk penunjang pembelajaran berbasis ICT.

Kusuma, (2018) menyatakan bahwa teknologi yang tepat dilakukan dalam pembelajaran adalah dengan memanfaatkan alat yang dimiliki oleh guru atau sekolahnya.

Jika yang dimiliki hanya berupa VCD maka guru tersebut dapat memanfaatkan VCD itu menjadi menarik.

Jika di sekolah belum menunjang fasilitas seperti laptop, internet, maka hal ini tidak boleh menyurutkan kompetensi guru untuk menggunakan media pembelajaran berbasis ICT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: