Datangi Kantor Bupati, Warga Desa Minta Tolong Hal Ini

Datangi Kantor Bupati, Warga Desa Minta Tolong Hal Ini

Puluhan warga saat gelar aksi di halaman kantor Bupati Muratara Sumsel. Foto : KORAN SUMEKS--

MURATARA, ENIMEKSPRES.CO.ID - Puluhan warga Desa Biaro Lama, Kecamatan Karang Dapo, Kabupaten Muratara, Sumsel datangi kantor Bupati Muratara, Senin 20 Februari 2023.

Puluhan warga ini menggelar aksi membentangkan spanduk penolakan terhadap keberadaan PT Buana Sriwijaya Sejahtera (BSS).

Massa menuding pihak perusahaan menzolimi warga, dengan cara menutup akses keluar masuk masyarakat menuju areal perkebunan mereka yang melintasi lokasi perusahaan.

Sejumlah spanduk yang dibentangkan warga di antaranya bertuliskan “Pak Bupati tolong kami karena PT BSS menghalangi kami melakukan perawatan kebun”.

BACA JUGA: Gara-gara Air PDAM Tak Mengalir, Emak-emak Demo ke Kantor Bupati

Salah satu warga Desa Biaro Lama, Maman, menuturkan pihak perusahaan masuk ke wilayah desa mereka sejak 6 tahun terakhir.

Sedangkan warga sudah berkebun di lokasi tersebut lintas generasi.

“Kami tidak terima jika warga lokal diusir tidak boleh berkebun, karena perusahaan itu baru masuk ke wilayah kami, sementara kami sudah lama berkebun di sana lintas generasi,” kata Maman.

Beberapa jam menggelar aksi, warga kemudian dimediasi oleh Pemkab Muratara dipimpin langsung Bupati Muratara H. Devi Suhartoni dan mempertemukan kedua belah pihak.

BACA JUGA: Pekerja Perkebunan Kelapa Sawit di Muratara Sumatera Selatan Diresahkan Kemunculan Sesosok Harimau

Hasil rapat mediasi, kesimpulannya warga diperbolehkan melakukan pemanenan buah sawit melintasi jalan itu dengan jaminan langsung dari Bupati Muratara. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: