Waduh, Tulang Bawang Lampung Kekurangan 1000 Guru, Berharap Banyak Jatah PPPK Tahun ini

Waduh, Tulang Bawang Lampung Kekurangan 1000 Guru, Berharap Banyak Jatah PPPK Tahun ini

Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung Kekurangan Guru Sebanyak 1.014 Guru, Mereka Berharap Tahun ini Banyak dapat Jatah Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). FOTO:ILUSTRASI/ENIMEKSPRES.CO.ID--

TULANG BAWANG, ENIMEKSPRES.CO.ID – Kabupaten Tulang Bawang Lampung masih kekurangan tenaga pendidik atau Guru, yakni sekitar 1.014 guru mereka berharap banyak mendapatkan jatah Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Ristu Irham, Kepala Dinas Pendidikan Tulang Bawang melalui Yohana, Kepala Bidang Pendidik Tenaga Kependidikan (PTK) mengatakan guru berstatus PNS di Kabupaten Tulang Bawang masih kurang. 

Per Oktober 2022 jumlah Guru PNS sebanyak 2.371 orang dan non PNS atau tenaga honorer yang terdaptar di Dapodik sebnyak 5.108 orang. 

Pada data e-informasi kabupaten Tulang Bawang, Kabupaten ini masih membutuhkan sebanyak 1.629 guru, karena dari jumlah tersebut baru 615 orang guru yang berstatus PPPK.  

Dari total tersebut saat ini kabupaten Tulang Bawang masih membutuhkan tenaga pendidik atau guru 1.014 orang untuk tingkat PAUD hingga SMP. 

Menurut data Oktober 2022, kecamatan yang ada di Kabupaten Tulang Bawang masih kekurangan Guru di Kecamatan Rawajitu Timur, Rawajitu Selatan, Gedung Meneng dan Dente Taladas. 

"Yang sudah pasti di daerah dalam, kondisi saat ini kami sangat kekurangan tenaga guru, apalagi di tahun 2022 kemarin Tulang Bawang tidak mendapatkan jatah penerimaan PPPK," ucap Yohana, Rabu 15 Februari 2023.

Walaupun saat  ini sudah memasuki era digitalisasi serta kemajuan teknologi terus bertambah dengan cepat, tetapi peran guru di dunia pendidikan tidak akan bisa tergantikan. 

Karena hal tersebut Pemerintah terus berusaha memberikan yang terbaik untuk kesejahteraan para tenaga pendidik atau guru. 

"Posisi guru bagaimana pun tidak bisa tergantikan, meskipun sudah era digitalisasi. Guru tidak bisa digantikan dengan teknologi, guru sudah semestinya mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah, bila ingin memajukan dunia pendidikan krisis guru ini harus segera diatasi," pungkas Yohana. (*)

Artikel ini telah tayang di radarlampung.id dengan judul Kekurangan, 1014 Guru Tulang Bawang, berharap banyak dapat jatah PPPK. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: