Dirjen PHU Minta Petugas Haji Miliki Sikap Ramah Lansia

Dirjen PHU Minta Petugas Haji Miliki Sikap Ramah Lansia

Ilustrasi ibadah haji. Foto : DOK--

JAKARTA, ENIMEKSPRES.CO.ID - Direktur Jenderal (Dirjen) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag), Hilman Latief mewajibkan seluruh petugas haji untuk bersikap ramah dengan jemaah, utamanya mereka yang lanjut usia (lansia).

Pesan ini disampaikan Hilman kepada seluruh Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), baik PPIH Kloter, PPIH Non Kloter, maupun Petugas Haji Daerah (PHD).

Pesan tersebut disampaikan saat Hilman memberikan sambutan pada Sinkronisasi dan Rapat Teknis Admin Seleksi Calon Petugas Haji Daerah di Jakarta.

Menurut Hilman, pihaknya sedang menyiapkan standarisasi pelayanan khusus jemaah lansia.

BACA JUGA: 23 Mei 2023 Jamaah Haji Gelombang Pertama Masuk Asrama Embarkasi

Hilman juga membeber sudah bertemu dengan Center of Aging Learning Studies (pusat studi tentang lansia).

"Kami juga tengah menyusun sistem standarisasi pelayanan khusus jemaah lansia ini,” ungkapnya.

“Bagaimana petugas haji bisa mempunyai sikap ramah lansia, kita akan adakan pelatihan, bertemu dengan Center of Aging Learning Studies (pusat studi tentang lansia)," lanjut dia.

Jadi bisa dipastikan petugas yang nanti terpilih akan bisa mengetahui karakteristik lansia, termasuk jika mengalami gejala penyakit awal.

BACA JUGA: Kemenag Terbitkan Rencana Perjalanan Haji 2023, Ini Rangkaian Lengkapnya

Pada musim haji tahun 1444H/2023M ini, ada kurang lebih 62 ribu jemaah haji lansia yang harus difasilitasi dan dilayani dari aspek Ibadah maupun layanan lainnya.

“Berdasarkan data yang kami miliki bahwa tahun ini ada kurang lebih 62 ribu jemaah lanjut usia (lansia) yang harus kita fasilitas dan kita layani dengan baik, baik dari segi aspek ibadahnya maupun dari aspek layanan lainnya,” ulasnya.

“Oleh karena itu kami mempersiapkan berbagai hal terkait mitigasi layanan lansia dengan standar, aspek kesehatan maupun layanan umumnya,” terang Hilman.

Petugas haji tersebut, nantinya akan diberikan wawasan khusus dalam menangani jemaah lansia ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: