641.635 Guru Madrasah Ikuti Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka

641.635 Guru Madrasah Ikuti Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka

Guru madrasah saat mengikuti Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) via Zoom. Foto : DOK/KEMENAG--

JAKARTA, ENIMEKSPRES.CO.ID - Sebanyak 641.635 guru madrasah ikuti bimbingan teknis (Bimtek) Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

Kegiatan oleh Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ditjen Pendidikan Islam ini berlangsung selama 13 hari, mulai 27 Januari hingga hari ini, 8 Februari 2023.

Memanfaatkan teknologi Zoom Meet dan YouTube Streaming, kegiatan ini diikuti dalam 4 angkatan penyelenggaraan.

Yaitu jenjang Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), serta Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK).

BACA JUGA: 50 Ribu Guru Madrasah Ikuti Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka

“Alhamdulillah, perkembangan teknologi sangat memudahkan proses sosialisasi dan bimtek. Dalam 13 hari penyelenggaran, total ada 641.635 guru madrasah yang terlibat. Ini tentu sangat efektif dari sisi waktu dan efisien dari anggaran,” kata Dirjen Pendidikan Islam, M Ali Ramdhani dikutip dari lama kemenag.go.id, Rabu 8 Februari 2023.

Pemanfaatan teknologi, kata Muhammad Ali Ramdhani, sangat penting untuk menjangkau seluruh lapisan stakeholder madrasah yang sangat luas dan beragam.

Mengingar, saat ini madrasah sudah menjadi pilihan utama masyarakat, sehingga Kemenag perlu terus melakukan upaya perbaikan mutu pendidikan madrasah, termasuk dalam aspek pengembangan sumber daya manusia.

Kurikulum Merdeka memberi ruang yang luas bagi guru dan siswa untuk berkreasi dan mengembangkan seluruh potensinya. Siswa mengalami proses belajar dengan bahagia. Saya harap guru mendidik anak dengan cinta dan kasih sayang,” ulas dia.

BACA JUGA: Dana Bantuan Operasional Sekolah atau BOS Madrasah Swasta 2023 Segera Cair

“Secara keseluruhan, kegiatan sosialisasi dan bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada Madrasah merupakan upaya Kementerian Agama untuk membumikan kebijakan Kurikulum Merdeka dan madrasah bisa optimal menyiapkan pelaksanaan kurikulum merdeka,” lanjutnya.

Sosialisasi dan Bimtek ini menghadirkan para praktisi pendidikan madrasah yang berpengalaman.

Materi yang dibahas meliputi pengantar IKM, kebijakan IKM pada madrasah, penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah, pembelajaran, asesmen, praktik baik P5 PPRA, serta pendaftaran IKM melalui PDUM. 

"Alhamdulillah, kegiatan sosialisasi dan bimtek IKM pada madrasah berjalan lancar dan sukses. Ratusan ribu guru, kepala dan pengawas madrasah mengikuti bimtek dari awal sampai akhir,” kata Direktur KSKK Madrasah, Moh. Isom.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: