Muhammadiyah Tetapkan Awal Ramadan dan Idul Fitri 2023, Simak di Sini

Muhammadiyah Tetapkan Awal Ramadan dan Idul Fitri 2023, Simak di Sini

--

JAKARTA, ENIMEKSPRES.CO.ID - Awal Ramadan atau 1 Ramadan 1444 H jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023.

Sedangkan 1 Syawal 1444 H pada Jumat 21 April 2023.

Demikian ketetapan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah pada, Senin 6 Februari 2023.

Kepastian tersebut disampaikan secara langsung oleh Sekretaris PP Muhammadiyah, Muhammad Sayuti pada konferensi pers Maklumat PP Muhammadiyah dikutip dalam laman muhammadiyah.or.id.

BACA JUGA: Kemenag Terbitkan Rencana Perjalanan Haji 2023, Ini Rangkaian Lengkapnya

Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, Zulhijjah 1444 H di kantor PP Muhammadiyah Jalan Cik Ditiro, No. 23, Kota Yogyakarta.

Penetapan 1 Ramadan, kata Syamsul Anwar, memiliki potensi sama dengan Pemerintah, tetapi awal Syawal dan Zulhijah ada potensi berbeda dengan Pemerintah, karena Muhammadiyah memakai hisab hakiki wujudl hilal.

Sementara Pemerintah berpedoman pada kriteria MABIMS.

“Potensi perbedaan ada pada awal Syawal dan Zulhijah hal ini karena menurut kriteria MABIMS, bulan bisa dilihat pada tinggi bulan sekurang-kurangnya 3 derajat dan elongasinya 6,4 derajat,” tuturnya.

BACA JUGA: Hadiri Harlah NU ke-97 dan Isra Miraj 1444 H, Gubernur Sumsel: Momentum Koreksi Diri

Sementara itu, Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir mengingatkan supaya jika terjadi perbedaan jangan dijadikan sebagai sumber perpecahan.

Karena umat Islam di Indonesia memiliki pengalaman dalam perbedaan.

Perbedaan di tubuh umat Islam bukan suatu yang baru, oleh karena itu Haedar mendorong dari perbedaan itu lahir sikap saling menghargai, menghormati, dan toleransi atau tasamuh, serta menimbulkan pernghargaan dan kearifa atas perbedaan.

“Jangan juga dijadikan sumber yang membuat kita umat Islam dan warga bangsa lalu retak, karena ini menyangkut ijtihad yang menjadi bagian denyut nadi perjuangan perjalanan sejarah Umat Islam yang satu sama lain saling paham, menghormati dan saling menghargai,” katanya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: