Antisipasi Penculikan Anak, SDN 3 Muara Enim Optimalkan 16 CCTV dan Security

Antisipasi Penculikan Anak, SDN 3 Muara Enim Optimalkan 16 CCTV dan Security

SDN 3 Muara Enim antisipasi isu penculikan anak dengan mengoptimalkan CCTV dan petugas Security. Foto : OZI/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Maraknya isu penculikan anak, membuat SDN 3 Muara Enim melakukan sejumlah antisipasi, seperti mengoptimalkan 16 kamera CCTV, juga petugas security.

Hal itu dilakukan sekolah lantaran isu penculikan anak telah membuat orangtua dan para guru khawatir.

Pihak sekolah memasang 16 CCTV di lingkungan sekolah dan mengoptimalkan penjagaan oleh security, dan wali kelas masing-masing.

"Jadi setiap orang yang masuk ke lingkungan sekolah, baik itu tamu, wali murid, dan siswa yang terlambat harus menggunakan tanda pengenal," kata Kepala SDN 3 Muara Enim, Siti Romlah, S.Pd, Selasa 31 Januari 2023.

BACA JUGA:Khawatir Merendahkan Marwah Islam, Gubernur Sumsel Larang Minta Bantuan Pembangunan Masjid di Jalan Umum

Menurut Romlah, penculikan anak tersebut sebenarnya masih isu, dan simpang siur yang masih harus diuji kebenarannya.

Namun demikian, pihaknya melakukan antisipasi agar tidak terjadi hal tak diinginkan di lingkungan sekolah, mulai dari penculikan, perkelahian, pencurian, dan aksi kejahatan lainnya.

Disebutnya lagi, untuk siswa kelas 1 dan 2, setiap pulang sekolah akan diawasi oleh wali kelasnya masing-masing guna memastikan bahwa yang menjemputnya adalah orang yang tepat.

Jika ada siswa yang belum dijemput tetap akan dijaga oleh wali siswa sampai dijemput.

BACA JUGA:Soal BBM Campur Sawit, Petani Harap Harga TBS Meningkat

Bila yang menjemputnya bukan orangtuanya atau orang yang tidak biasa menjemput, wali kelas akan melakukan cross check melalui HP ke orangtua masing-masing siswa.

"Setiap wali kelas ada WA group, jadi mereka bisa menghubungi satu sama lain jika ada apa-apa," urai dia.

Selain itu, sambung Romlah, setiap apel pagi hari dan ketika di dalam kelas dirinya selalu memberikan arahan kepada siswa untuk selalu hati-hati, terutama terhadap orang asing yang tidak dikenal yang mengiming-imingi uang atau makanan.

"Alhamdulillah, dengan adanya CCTV ini benar-benar sangat membantu. Dahulu SDN 3 Muara Enim dikenal cukup rawan terutama pencurian, dan berkat CCTV tersebut telah berhasil mengungkap pelaku pencuriannya," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: