Bendera Merah Putih Raksasa Berkibar di Benteng Kuto Besak

Bendera Merah Putih Raksasa Berkibar di Benteng Kuto Besak

Bendera Merah Putih raksasa dikibarkan di Plaza BKB, Rabu (17/8/2022). Foto : M NABA ANWAR/SUMEKS.CO/DNN--

ENIMEKSPRES.CO.ID, PALEMBANG - Bendera Merah Putih raksasa seluas 3.000 m2 yang pernah menjadi rekor Muri 2014 dibentangkan di Plaza Benteng Kuto Besak (BKB), usai Upacara Bendera HUT ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 tingkat Pemerintah Kota Palembang, Rabu (17/8/2022).

“Pengibaran bendera raksasa itu dilakukan oleh sekitar 350 pelajar dan pemuda di Kota Palembang, dan dijahit oleh 1.529 penjahit pemuda Kota Palembang selama lima hari, lima malam, dibentangkan dengan ukuran seluas Plaza BKB,” Kata Ketua Ikatan Alumni Latihan Kepemimpinan Siswa (IKA LKS) Kota Palembang, Ari Siswanto.

BACA JUGA: Pj Bupati Muara Enim Kurniawan Pimpin Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI

Dijelaskan Ari Siswanto, bendera Merah Putih tersebut pernah meraih rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) pada 2014 lalu, sebagai bendera Merah Putih raksasa yang dijahit oleh 1.529 selama lima hari, lima malam menggunakan tangan.

“Ini bendera raksasa dijahit menggunakan tangan secara manual, tanpa bantuan mesin jahit sedikit pun,” jelasnya.

BACA JUGA: Sambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Pemuda Darussalam Gelar Turnamen Bulutangkis

Bendera Merah Putih raksasa digagas oleh mantan Ketua IKA LKS, Ayunda Siti Anisa, pada saat itu ia berinisiasi untuk penjahitan bendera Merah Putih raksasa sebagai bentuk penghargaan untuk para pahlawan.

“Jadi terinspirasi dari perang lima hari, lima malam pada saat itu, maka ketua kami pada 2014 berinisiatif untuk membuat bendera raksasa sebagai bentuk penghargaan terhadap pejuang di Negeri ini,” tutupnya.

BACA JUGA: Kenang Jasa Pahlawan, Bupati dan Forkopimda Muara Enim Ikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci

Sementara, Wali Kota Palembang H. Harnojoyo bersama Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda, dan unsur Forkopimda turut membentangkan bendera raksasa itu. Harnojoyo menuturkan rasa syukur atas kelancaran upacara peringatan HUT ke-77 RI dan bisa membentangkan bendera Merah Putih raksasa.

“Upacara tahun ini merupakan suatu momentum yang sangat berharga setelah dua tahun lamanya sejak dilanda Covid-19. Ini suatu kebanggaan bagi kita bisa membentangkan bendera selebar 3.000 m2 ini,” tukasnya. (mg01/sumeks.co/dnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: