Ferdy Sambo Ditahan di Mako Brimob, Diduga Gegara Perkara Ini

Ferdy Sambo Ditahan di Mako Brimob, Diduga Gegara Perkara Ini

Irjen Ferdy Sambo. Foto : DISWAY.ID/DNN--

ENIMEKSPRES.CO.ID, JAKARTA - Mabes Polri mengonfirmasi mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo kini telah ditahan di Mako Brimob, Sabtu (6/8/2022).

Dalam konferensi pers terkini, Sabtu (6/8/2022) malam, Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo menyampaikan Ferdy Sambo diduga melakukan pelanggaran ketidakprofesionalan dalam penanganan olah TKP di rumah dinas miliknya di Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Keterangan ini, berdasarkan hasil pemeriksaan Inspektorat Khusus (Irsus) yang dibentuk oleh Tim Khusus Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, bahwa menetapkan Ferdy Sambo diduga melakukan pelanggaran prosedur dalam tindak pidana tewasnya Brigadir J.

BACA JUGA: Kasus Polisi Tembak Polisi, Irjen Ferdy Sambo Sudah Diperiksa

“Kegiatan pemeriksaan gabungan, ya ini Wasriksus, Pengawasan Pemeriksaan Khusus terhadap perbuatan Irjen FS. Yang diduga melakukan pelanggaran prosedur dalam tindak pidana meninggalnya Brigadir J,” kata Kadiv Humas, Irjen Dedi Prasetyo saat jumpa pers di Mabes Polri, Sabtu (6/8/2022) malam.

“Dari Riksus menetapkan bahwa Irjen Pol FS diduga melakukan pelanggaran terkait menyangkut ketidakprofesional di dalam oleh TKP,” ujarnya.

Akibatnya, Dedi menjelaskan, kini Ferdy Sambo telah dibawa personel Brimob untuk ditempatkan di tempat khusus di Korbrimob Polri di Kelapa Dua, Depok.

BACA JUGA: Irjen Ferdy Sambo Dinonaktifkan dari Kadiv Propam Polri, Begini Sikapnya

“Oleh karenanya yang bersangkutan langsung ditempatkan di tempat khusus, yaitu itu Korbrimob Polri,” imbuhnya.

Sebelumnya, peristiwa polisi tembak polisi terjadi di rumah dinas Kadiv Propam Polri nonaktif, Irjen Pol Ferdy Sambo, pada Jumat (8/7/2022) lalu.

Dalam insiden ini, Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J tewas karena luka tembak. Penembakan itu terjadi lantaran Brigadir J diduga melakukan pelecehan terhadap istri dari Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo.

BACA JUGA: Kuasa Hukum Brigadir J Sebut Dalang Pencopotan CCTV di Rumah Irjen Ferdy Sambo Bukan Orang Sembarangan

Selain itu, Brigadir J juga menodongkan senjata api berupa pistol ke arah kepala istri Kadiv Propam. Sontak, istri Kadiv Propam berteriak minta tolong.

“Peristiwa itu terjadi ketika Brigadir J memasuki kamar pribadi Kadiv Propam, di mana saat itu istri Kadiv Propam sedang istirahat, kemudian, Brigadir J melakukan tindakan pelecehan,” kata Ramadhan dalam keterangannya di Gedung Div Humas Polri, pada Senin (11/7/2022) lalu.

“Akibat teriakan tersebut, Brigadir J panik dan langsung lari keluar dari kamar. Mendengar teriakan itu, Bharada E menghampiri dari arah atas tangga. Kemudian Bharada E bertanya ada apa, direspons dengan tembakan oleh Brigadir J. Akibat tembakan tersebur terjadilah saling tembak, dan akibatnya Brigadir J meninggal dunia,” ucap Ramadhan. (disway.id/dnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id