Kabupaten Muratara Minim Bidan

Kabupaten Muratara Minim Bidan

Ilustrasi bidan. Foto : UNAIR.AC.ID/NET--

ENIMEKSPRES.CO.ID, PALEMBANG - Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Sumsel, Siti Aisyah Hamid, S.Psi, M.Kes, mengungkap dari 16.573 bidan di Sumsel, daerah yang paling sedikit penempatan bidan yakni di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara).

Jumlah bidan di Kabupaten Muratara hanya 214 orang. Hal ini disebabkan karena minimnya bidan di daerah tersebut.

BACA JUGA: Perdana, Jemaah Haji Sumsel Tiba di Bumi Sriwijaya Hari Ini

“Yang paling sedikit di Muratara dengan jumlah 214 bidan,” ungkapnya, usai pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) VII dan HUT IBI ke-71 tahun 2022, di Hotel Swarna Dwipa Palembang, Rabu (3/8/2022).

Dijelaskannya, bidan di Sumsel terbagi menjadi 311 ranting dan 17 cabang. Masing-masing tersebar di 17 Kabupaten/Kota yang ada di Sumsel, dengan jumlah keseluruhan sebanyak 16.573 bidan.

Bidan terbanyak ada di Palembang dengan jumlah 2.218 orang. Selain itu, dia mengungkap, dari 16.573 bidan di Sumsel belum ada yang diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

BACA JUGA: 11 Daerah di Sumsel Ikuti Festival Qasidah

Mengenai pengangkatan PPPK, dia menerangkan hanya ada beberapa yang telah diangkat. Itu pun dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Sedangkan untuk yang bidan belum ada yang diangkat menjadi PPPK. “Kalau dari bidan tidak ada. Yang ada dari BKKBN,” pungkasnya. (edy/sumeks.co/dnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: