Berapa Lama Daging Bisa Disimpan di Kulkas? Ini Penjelasannya

Berapa Lama Daging Bisa Disimpan di Kulkas? Ini Penjelasannya

Ilustrasi. Cara menyimpan daging qurban di kulkas.-KLIK DOKTER/NET-

ENIMEKSPRES.CO.ID, Penyimpanan makanan berupa daging di dalam kulkas menjadi bahan menarik untuk diulas dalam momen Hari Raya Idul Adha. Bagaimana tidak, mayoritas masyarakat Indonesia pasti memiliki daging kurban saat ini, entah itu kambing ataupun sapi.

Namun, tidak semua orang langsung mengolah daging kurban tersebut menjadi santapan. Otomotis, setiap daging kurban yang didapat setidaknya disimpan di dalam kulkas agar lebih awet.

BACA JUGA: Cara Aman Mengonsumsi Daging Kambing untuk Penderita Hipertensi

Diketahui, setiap jenis daging memiliki batas waktu yang berbeda ketika disimpan dengan benar. Sebelum membahas hal tersebut, mari pahami jika setidaknya terdapat empat jenis daging yang biasa disimpan di dalam kulkas.

Pertama daging merah, kemudian makanan laut, daging unggas, dan daging olahan. Lantas berapa lama daging bisa disimpan di kulkas dan tetap aman untuk dikonsumsi?

1. Daging Merah

Untuk Anda yang baru saja merayakan Idul Adha, dan mungkin masih memiliki daging kambing atau sapi, ternyata ada batas waktu wajar penyimpanannya.

BACA JUGA: Tips Mengolah Daging Kambing, Begini Caranya

Saat dimasukkan ke dalam kulkas, daging ini bisa bertahan hingga 4 hari. Namun jika ingin lebih lama, Anda bisa masukkan ke dalam freezer, dan bisa bertahan antara 4 hingga 12 bulan tergantung kondisi daging.

Pastikan memeriksa kondisinya saat akan dikonsumsi. Jika sudah berubah warna atau tidak lagi segar, hindari untuk mengolahnya.

2. Makanan Laut

Produk atau bahan makanan laut dan daging ikan bisa bertahan 1 hingga 2 hari di dalam kulkas. Serupa dengan daging merah, jenis ini akan bertahan lebih lama, hingga 6 bulan, saat dimasukkan ke dalam freezer.

BACA JUGA: Masyarakat Bersyukur Dapat Daging Kurban

Pengecualian muncul untuk ikan-ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan sejenisnya, yang hanya dianjurkan untuk penyimpanan selama 2 hingga 3 bulan saja.

3. Jenis Daging Unggas

Seperti ayam, bebek, burung dara, dan unggas lain bisa bertahan selama 2 hari di dalam kulkas. Jika dimasukkan ke dalam freezer, daging jenis ini bisa bertahan hingga 12 bulan dalam kondisi utuh.

BACA JUGA: PT Pama Bantu Hewan Kurban untuk Masyarakat Sekitar Perusahaan

Dalam bentuk potongan, daya tahannya di dalam freezer adalah sekitar 9 bulan. Jika sudah diolah, daging unggas ini memiliki daya tahan antara 3 hingga 4 hari sebelum kemudian dimasak kembali.

4. Daging Olahan

Untuk jenis daging olahan seperti daging asap, sosis, kornet, hingga salam, bisa disimpan dan tetap dalam kondisi baik dalam waktu hingga 7 hari. Namun jika dimasukkan ke dalam freezer, daya tahannya menjadi 1 hingga 2 bulan. Karena memiliki kemasan yang baik, produk ini cenderung lebih mudah disimpan di dalam freezer. (disway.id)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id