Sepanjang 8 Km Jalan di Daerah Ini Rusak Berat, Begini Harapan Warga

Sepanjang 8 Km Jalan di Daerah Ini Rusak Berat, Begini Harapan Warga

Salah satu titik jalan di Kecamatan Kisam Tinggi Kabupaten OKU Selatan yang mengalami rusak berat. Foto : SMSI OKU SELATAN--

ENIMEKSPRES.CO.ID, OKU SELATAN - Jalan penghubung antar desa yang juga penghubung antar kecamatan di Kisam Tinggi, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumsel dikeluhkan warga setempat.

Pasalnya, kondisi jalan penghubung itu mengalami rusak berat sepanjang kurang lebih 8 km, dan hingga kini belum kunjung mendapat perbaikan.

Warga empat desa di Kecamatan Kisam Tinggi pun mengharapkan Pemkab OKU Selatan segera melakukan perbaikan jalan penghubung tersebut.

“Ada beberapa titik yang mengalami kerusakan berat pada jalan dari Desa Singa Laga menuju 4 desa. Kondisi jalan tersebut sangat mengganggu kelancaran lalu lintas,” kata Suharji, salah satu warga Desa Singa Laga, dikutip Jumat (8/7/2022).

Menurutnya, kerusakan ruas jalan di Kecamatan Kisam Tinggi terjadi mulai dari Desa Singa Laga menuju Desa Simpang Tiga, Air Aulun, dan Simpang Empat.

BACA JUGA: Warga Nekat Lalui Jembatan Gantung yang Rusak Parah

“Kami sangat berharap kerusakan jalan tersebut secepatnya diperbaiki, sebab kalau tidak kondisinya semakin parah dan tidak bisa dilalui,” ujar Suharji.

Diutarakan Suharji, akibat kerusakan jalan tersebut, tidak sedikit pengguna jalan terjatuh, bahkan sampai menginap di jalan karena terjebak lumpur saat melintasi jalan tersebut.

“Lancarnya lalu lintas tidak saja membantu kenyamanan berlalu lintas, namun bagi kami petani sangat berdampak pada penjualan hasil pertanian,” katanya.

Hal yang sama diutarakan Nico. Ia menginginkan kerusakan jalan tersebut secepatnya diperbaiki dan menjadi perhatian Pemerintah. Sehingga arus lalu lintas menuju kecamatan dan antar desa semakin lancar.

“Kalau musim hujan badan jalan digenangi air dan berlumpur, kalau tidak cepat ditangani maka dikhawatirkan akan bertambah parah kondisinya,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PU-TR) OKU Selatan, Farit Efendi melalui Kabid Bina Marga PU-TR, Arman Jazuli, mengatakan status jalan tersebut merupakan jalan kabupaten, dan kondisi jalan sudah menjadi perhatian Pemerintah.

BACA JUGA: Jalan Penghubung Antar Desa di Kecamatan Belimbing Ini Rusak Parah

“Untuk usulan pembangunan jalan penghubung antar desa di Kecamatan Kisam Tinggi sudah kita ajukan dan mudah-mudahan tahun depan segera diperbaiki,” jelasnya, Jumat (8/7/2022).

Armada mengatakan, selain jalan penghubung antara 4 desa itu, juga terdapat jembatan penghubung yang terletak di tebing Cipai Desa Singa Laga yang kondisinya juga telah rusak berat.

“Untuk tahun ini Pemerintah Daerah sudah menganggarkan pembangunan jembatan itu lebih kurang Rp1 miliar,” terangnya.

Untuk itu, Armada mengharapkan agar masyarakat bersabar karena semuanya sudah masuk dalam program Pemerintah Kabupaten OKU Selatan guna mempercepat pembangunan infrastruktur.

“Semuanya sudah masuk program Pemda dan dikerjakan secara bertahap. Karena itu masyarakat diminta untuk bersabar,” jelasnya. (*/smsi okus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: smsi oku selatan