Update Klasemen Fornas VI: Sumsel Melesat ke Peringkat II

Update Klasemen Fornas VI: Sumsel Melesat ke Peringkat II

Logo Fornas VI Sumsel. Hingga hari kelima kontingen Sumsel berhasil naik ke klasemen II. Foto : ISTIMEWA--

ENIMEKSPRES.CO.ID, PALEMBANG - Hari kelima pelaksanaan Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) VI, hingga Selasa (5/7/202) pukul 20.30 WIB, Provinsi Sumsel berhasil naik ke peringkat II klasemen sementara.

Sumsel berhasil menyingkirkan Provinsi Jatim yang sebelumnya berada di peringkat II, dan kini berhasil membayang-bayangi Provinsi DKI Jakarta yang berada di peringkat pertama.

Meski masih sementara, hasil ini menjadi bukti bahwa Sumsel tak hanya sukses menjadi tuan rumah penyelenggara Fornas VI, namun juga sukses secara prestasi.

BACA JUGA: Update Pelaksanaan Fornas Hari Ketiga: Raih 30 Medali, Sumsel Masuk 5 Besar

Berdasarkan situs resmi Fornas VI, Sumsel berhasil mengumpulkan 121 medali hingga hari kelima.

Sebanyak 121 medali itu terdiri dari 35 medali emas, 47 perak, dan 39 medali perunggu.

Catatan medali emas yang dikumpulkan Sumsel ini terpaut 6 angka dibandingkan Provinsi DKI Jakarta yang berada di urutan pertama klasemen. Dan terpaut satu angka dengan Provinsi Jatim yang  berada di urutan ketiga klasemen.

BACA JUGA: ‘Kebile Bile’ jadi Lagu Lomba Senam Kreasi di Fornas VI Sumsel

Adapun Induk Olahraga (Inorga) yang dipertandingkan pada hari kelima antara lain, KIS, PELANGI, PERSOCCI, ILDI, BAVETI, YAI, AKTI, IOSKI, KPSN, PERTONSI, POGTI, YPOK, KLPI, IDCA, dan FYBI.

Seperti diketahui, capaian ini memang telah menjadi target dari Provinsi Sumsel. Sejak awal melakukan persiapan penyelenggaraan, Pemprov Sumsel mematok target tak hanya sukses menjadi penyelenggara namun juga prestasi untuk menjadi juara umum.

Tuan rumah Sumsel menurunkan 800 atlet untuk bertanding pada ajang Fornas VI di Palembang, sejak 1 Juli hingga 7 Juli 2022 mendatang.

Gubernur Sumsel Herman Deru sebelumnya, mengatakan ratusan atlet yang dipersiapkan untuk mewakili daerah diharapkan bukan hanya membawa misi olahraga tapi juga misi pariwisata, seni, dan budaya.

BACA JUGA: Herman Deru: Fornas Tak Hanya Tingkatkan Geliat Olahraga Tapi Juga Ekonomi

Dengan demikian diharapkan penyelenggaraan Fornas VI Sumsel juga dapat ikut berkontribusi meningkatkan geliat olahraga masyarakat, pariwisata bahkan pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: