Jalan Amblas, Warga 2 Desa di Daerah Ini Terancam Terisolasi

Jalan Amblas, Warga 2 Desa di Daerah Ini Terancam Terisolasi

Pengguna sepeda motor saat melintasi jalan amblas yang tergerus air sungai di Kecamatan Karang Jaya, Muratara, Sumsel. Foto : SUMEKS.CO--

ENIMEKSPRES.CO.ID, MURATARA - Warga Desa Tanjung Agung, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Sumsel terancam terisolir.

Itu terjadi lantaran bahu jalan utama penghubung desa tersebut amblas akibat tergerus air sungai pada beberapa titik.

Tanjung Agung merupakan salah  satu desa terpencil di wilayah Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Muratara, yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani karet.

Akses utama masyarakat di sana hanya mengandalkan jalan lingkar tambang. Daerah ini terletak paling ujung di hulu sungai.

BACA JUGA: BB Uang Korupsi Diserahkan ke Pemkab Muratara

Hamdan, warga Desa Tanjung Agung, mengungkapkan warga semakin terisolir sejak bahu jalan penghubung ke desa mereka rusak.

Ado jalan amblas pinggir sungai, jalan la kecik jadi susah lewat apo lagi mobil. Lah banyak warga umban (jatuh) gara-gara jalan longsor,” katanya, Selasa (5/7/2022).

Hamdan dan warga berharap akses jalan yang mengalami kerusakan itu bisa segera diperbaiki agar mempermudah warga keluar-masuk desa.

Sementara itu, Kepala Tanjung Agung, Korbilah, membenarkan kondisi jalan ke desanya rusak.

Kata dia, seperti di kawasan SD Negeri Desa Rantau Telang, tepatnya di Sungai Dingin dan jalan Sungai Makan.

BACA JUGA: Jalan Penghubung Antar Desa di Kecamatan Belimbing Ini Rusak Parah

“Kendaraan roda empat pasti tidak bisa lewat, roda dua bisa. Untuk saat ini cuma jalan tersebut. Paling dipasang masyarakat kayu papan,” ungkapnya.

Menurut Korbilah, jika jalan tersebut tak segera diperbaiki, tentu akan mengganggu aktivitas masyarakat.

Terpisah, anggota DPRD Muratara dari Dapil II, Marheni Supri, juga membenarkan adanya keresahan warga. Namun akan ada pembangunan box colvert.

“Tahun ini ada pembangunan box colvert sebanyak dua titik. Satu di hulu Desa Rantau Telang dan satu lagi di Sungai Makan, Desa Tanjung Agung. Sudah saya ajukan ke Tim TAPD,” ucapnya. (cj13/sumeks.co/dnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: