Tips Hancurkan Kolesterol Jahat dalam Tubuh, Ini 3 Caranya

Tips Hancurkan Kolesterol Jahat dalam Tubuh, Ini 3 Caranya

Ilustrasi pemeriksaan kolesterol. Foto : KLIK DOKTER/NET--

ENIMEKSPRES.CO.ID, Manusia harus menjaga tubuhnya sebaik mungkin. Terlebih jangan lupa untuk rutin melakukan pemeriksaan terhadap kolesterol yang ada dalam tubuh.

Kadar kolesterol tinggi dapat menyumbat saluran pembuluh darah, sehingga memicu terjadinya penyumbatan oksigen.

Disamping itu, dampaknya nutrisi dalam darah juga tidak bisa mencapai jantung. Lebih parahnya dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Dilansir dari laman Disway.id, ada seorang dokter spesialis emergensi bernama Carol DerSarkissian, yang memberikan tips ampuh untuk menghilangkan kolesterol jahat dalam tubuh dalam sekejap.

BACA JUGA: Jaga Gula Darah dengan Konsumsi Buah Ini

Apa saja cara dan tips tersebut? Simak secara seksama di bawah ini:

1. Olahraga

Jangan pernah lupa untuk melakukan aktivitas fisik atau berolahraga setidaknya selama 3 jam/minggu. Dengan cara itu sangat diyakini bisa mengurangi kadar low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat.

High-density lipoprotein (HDL) dikenal sebagai "kolesterol baik" yang mampu membantu mencegah penyakit, karena mengandung banyak protein dan sangat sedikit kolesterol.

2. Konsumsi Makanan Kaya Serat

Beberapa makanan yang dimaksud itu adalah oatmeal, apel, plum, dan kacang-kacangan. Dengan semua dikonsumsi secara baik, maka dapat membantu mencegah tubuh menyerap kolesterol.

BACA JUGA: Minum Obat Setelah Ngopi, Amankah? Simak di Sini

“Makan lebih banyak serat juga membantu orang merasa lebih kenyang, yang berarti orang cenderung tidak makan berlebihan,” kata DeSarkissian, dikutip dari Daily Express, pada Minggu (3/7/2022).

3. Konsumsi Kacang-kacangan

DerSarkissian mengklaim, kacang-kacangan ternyata bisa sangat bermanfaat dalam menghindari tubuh menyerap kolesterol jahat, karena mengandung sterol.

Selain itu, layanan kesehatan nasional Inggris (NHS) juga memberi saran untuk mengkonsumsi ikan berminyak seperti makerel dan salmon, biji-bijian, buah-buahan, hingga sayuran, karena bisa membantu menurunkan kadar kolesterol LDL.

Tak berhenti sampai di situ, NHS juga memberi saran untuk segera mengurangi beberapa jenis makanan.

Makanan yang dimaksud, yakni sosis, daging berlemak, mentega, krim, dan cheddar, kue, biskuit plus makanan yang mengandung minyak kelapa atau sawit. (disway.id)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id