Sriwijaya Expo, Komitmen Pemprov Sumsel Pulihkan Ekonomi Pasca Pandemi

Sriwijaya Expo, Komitmen Pemprov Sumsel Pulihkan Ekonomi Pasca Pandemi

Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya (tiga dari kanan) di sela pembukaan Sriwijaya Expo, di Plaza Venue Dempo Jakabaring Sport City (JSC) Palembang. Foto : HUMAS PEMPROV SUMSEL FOR ENIMEKSPRES.CO.ID--

ENIMEKSPRES.CO.ID, PALEMBANG - Langkah Pemprov Sumsel untuk menyemarakkan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) ke-VI pantas diapresiasi.

Apalagi, gelaran pesta olahraga masyarakat yang terpusat di Kota Palembang dan Kabupaten Ogan Ilir itu, dikemas juga dengan digelarnya Sriwijaya Expo, di Plaza Venue Dempo Jakabaring Sport City (JSC) Palembang.

Ajang ini dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Sumsel, H. Mawardi Yahya, Sabtu (2/7/2022).

Menurut Mawardi, Sriwijaya Expo merupakan penopang dari gelaran Fornas ke-VI Sumsel. Di mana, Sriwijaya Expo itu juga komitmen Pemprov Sumsel dalam mendorong peningkatan ekonomi masyarakat dari berbagai bidang, termasuk pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

BACA JUGA: Herman Deru: Fornas Tak Hanya Tingkatkan Geliat Olahraga Tapi Juga Ekonomi

“Pemprov Sumsel terus berupaya menggelar berbagai kegiatan. Salah satunya Sriwijaya Expo. Hal ini langkah untuk mendorong pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi,” kata Mawardi.

Dikatakannya, Sriwijaya Expo sengaja digelar bertepatan dengan Fornas. Hal itu mengingat Fornas ke-VI diikuti para peserta dari 34 provinsi di Indonesia.

“Jadi yang menikmati Sriwijaya Expo ini bukan hanya masyarakat lokal Sumsel, tapi juga masyarakat seluruh Indonesia. Ajang ini sekaligus juga sebagai sarana kita memperkenalkan budaya dan adat istiadat Sumsel,” paparnya.

Ia berharap, Sriwijaya Expo tersebut berdampak pesat bagi pertumbuhan ekonomi secara luas.

"Mudah-mudahan ekonomi kita terus terdorong melaui Sriwijaya Expo. Bahkan kita berharap, kesuksesan Sriwijaya Expo ini nantinya dapat menjadi contoh bagi provinsi lain,” harap Mawardi.

BACA JUGA: Muara Enim Sukseskan Sriwijaya Expo 2021

Diketahui, pembukaan Sriwijaya Expo ini tak kalah dengan opening ceremony Fornas ke-VI Sumsel yang digelar satu hari sebelumnya.

Pembukaan Sriwijaya Expo ditandai dengan penekanan sirine dan pemotongan pita serta peninjauan langsung booth Sriwijaya Expo dari berbagai kabupaten/kota di Sumsel, serta kabupaten dari provinsi tetangga, seperti Lampung.

Sriwijaya Expo digelar selama lima hari, terhitung sejak 2 hingga 6 Juli 2022 mendatang.

Tidak hanya itu, untuk memeriahkan pembukaan tersebut, digelar juga berbagai pertunjukan, mulai dari teatrikal, tarian khas Sumsel, hingga performance bintang tamu Ruri Republik.

Masyarakat yang menyaksikan pembukaan Sriwijaya Expo terlihat sangat antusias. Bahkan tak sedikit juga yang berdecak kagum menyaksikan kemegahan Sriwijaya Expo.

BACA JUGA: Update Perolehan Medali Fornas VI Hari Kedua: Sumsel Sementara Peringkat Ketiga

Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Sumsel, Ernila Rizar menyebut, Sriwijaya Expo merupakan hasil kerja sama antara Dekranasda dan berbagai pihak.

“Dekranasda Sumsel terus membuat terobosan, salah satunya digelarnya Sriwijaya Expo ini. Ajang ini bekerjasama dengan pihak lainnya,” jelas Ernila Rizar.

Pada Sriwijaya Expo kali ini, berbagai hal dipamerkan, seperti pameran produk unggulan, bimtek, demo kuliner, jasa, investasi, perbankan, pariwisata, industri, dan kerajinan khas daerah.

“Tujuannya memberikan hiburan kepada masyarakat dan berdampak pada peningkatan ekonomi, baik sektor ekonomi mikro dan makro, serta sebagai ajang promosi kesenian daerah,” ulasnya.

Ia menyakini, Sriwijaya Expo ini akan semakin mengangkat pertumbuhan ekonomi. “Ini juga upaya untuk mendorong transaksi ekonomi pasca pandemi saat ini dan juga rangkaian dari Fornas ke-VI yang saat ini sedang berlangsung,” pungkasnya. (ril)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: