Menuju Sumsel Health Tourism, RS di Sumsel Didorong Miliki Layanan Unggulan

Menuju Sumsel Health Tourism, RS di Sumsel Didorong Miliki Layanan Unggulan

Gubernur Sumsel, H. Herman Deru melaunching 8 inovasi RSUD Siti Fatimah AZ-Zahra. Foto : HUMAS PEMPROV SUMSEL FOR ENIMEKSPRES.CO.ID--

ENIMEKSPRES.CO.ID, PALEMBANG - Di hari jadi ke-4 tahun, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Siti Fatimah Az-Zahra Provinsi Sumsel diharapkan dapat terus meningkatkan pelayanannya terhadap masyarakat.

Dengan bertambahnya usia RSUD Siti Fatimah Az-Zahra ini, juga diharapkan dapat menjadi sarana intropeksi bagi jajaran RSUD Siti Fatimah agar lebih baik lagi ke depan.

“Kita tahu rumah sakit ini selain memiliki tempat strategis, tapi juga mempunyai alat lengkap dan modern. Maka di HUT 4 tahun ini sebagai tangga untuk melangkah ke depan agar lebih baik dengan tidak mengubah orientasi pelayanan,” ungkap Gubernur Sumsel, H. Herman Deru, pada peringatan Hari Jadi RSUD Siti Fatimah ke-4 Tahun, kemarin (24/6/2022).

Herman Deru mengingatkan, dalam memberikan layanan rumah sakit harus mengedepankan  tiga komponen yang harus dipelihara dan ditingkatkan, yakni sarana dan prasarana, tenaga medis yang handal, serta manajemen.

“Tiga komponen ini paling menunjang bagi layanan kesehatan, ditambah lagi kepercayaan yang terus terjaga,” pesannya.

Apalagi menurut Herman Deru, Sumsel sudah bertekad harus menjadi Health Tourism atau tujuan bagi para penggiat Pariwisata Kesehatan.

Bukan hanya sekedar rujukan bagi seluruh penjuru kabupaten/kota di Sumsel, tetapi juga menjadi tujuan bagi setiap warga yang ingin sehat.

“Maka setiap saya resmikan rumah sakit, saya tekankan bahwa rumah sakit itu harus ada pelayanan unggulan dan prioritas,” ungkapnya.

Dengan begitu, target untuk menjadikan pelayanan kesehatan di Sumsel menjadi pelayanan internasional berkelas dunia dapat terwujud.

“Ini sebuah tekad yang hebat. Kehebatan itu tidak akan menjelma sendirinya tanpa ada sinergitas antar semua pihak termasuk pasien,” kata orang nomor satu di Bumi Sriwijaya ini.

Sementara itu, Direktur RSUD Siti Fatimah, dr. Syamsuddin Isaac Suryamanggala, Sp.OG mengatakan, sesuai dengan RPJMD Gubernur Sumsel, RSUD Siti Fatimah akan terus meningkatakan layanan kesehatan dan cakupan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Dengan tema bersama kita kuat, bersama kita hebat, harapan kami di HUT ke-4 tahun ini dapat selalu memberikan pelayanan yang optimal untuk masyarakat Sumsel, meningkatkan kualitas pelayanan, serta profesionalisme dalam pekerjaan sehari-hari,” ucapnya.

Tak hanya itu, ia juga berharap rumah sakit ini dapat menjadi role model di Sumsel dalam memberikan pelayanan kesehatan.

Apalagi, dalam 4 tahun ini rumah sakit yang dipimpinnya itu telah memiliki kelengkapan ruang perawatan untuk umum dan BPJS hingga ruang VIP dan VVIP, serta kelengkapan layanan spesialis lainnya.

Bukan itu saja, RSUD tersebut turut pula telah memiliki berbagai konsultan, seperti konsultan bedah digestif, bedah mulut, kardiovaskuler, pulnomologi, ginjal hipertensi, serta lainnya.

Ditambah lagi dengan pelayanan unggulan seperti kardiovaskuler, arthopedi, dan traumatologi dan MCU.

“Dengan begitu tidak akan ada keberhasilan tanpa sinergitas, baik internal maupun eksternal,” katanya.

Pada kesempatan ini, Gubernur Herman Deru didampingi Ketua PMI Sumsel, Hj Febrita Lustia HD dan Direktur RSUD Siti Fatimah, Syamsuddin Isaac melaunching 8 inovasi RSUD Siti Fatimah AZ-Zahra.

Di antaranya layanan VIP lantai 8, inovasi pengolahan limbah sisa makanan pasien, inovasi MILEA, inovasi ADO, inovasi SMS BLAST, inovasi SISMA, inovasi SIKAP, dan inovasi SIGABUT.

Pada HUT ini, bersamaan juga dilaksanakan donor darah dan operasi bibir sumbing yang bekerjsama dengan Leanpuri Center and Foundation, Yayasan Umi Romlah, dan Smile Train Indonesia. (ril)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: