Pj Gubernur Dorong Pengembangan UMKM Sumsel ke Kancah Internasional

Sabtu 26-10-2024,22:00 WIB
Reporter : Citra
Editor : Andre

PALEMBANG, ENIMEKSPRES.CO.ID - Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi didampingi Pj Ketua Dekranasda Provinsi Sumsel Melza Elen Setiadi, membuka Semarak UMKM Sriwijaya 2024 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Sumsel di Atrium Palembang Indah Mal (PIM).

Elen Setiadi mengapresiasi langkah tersebut karena dinilainya mampu mendorong pengembangan UMKM Sumsel tak hanya ke kancah nasional namun juga internasional. 

"Prinsipnya kita semua harus mendukung pengembangan UMKM di Sumsel. Sriwijaya adalah kerajaan besar yang begitu luas. Potensi yang kita miliki sangat besar untuk mendorong UMKM kita ke kelas internasional," ujar Elen saat memberikan sambutan.

Untuk mendorong pengembangan UMKM itu diperlukan inovasi, termasuk juga pembinaan talenta-talenta muda berbakat di bidang desain, seperti pemenang lomba mendesain batik Palembang.

BACA JUGA:Perusahaan dan UMKM di Sumsel Dianugerahi Siddhakarya

BACA JUGA:Berdayakan Pelaku UMKM, Disperindag Muara Enim Gelar Pelatihan Diversifikasi Sandang

"Jangan berhenti karena ini adalah awal bagaimana kita mendorong masyarakat untuk semakin kreatif dan inovatif. Talenta bisa dari mana saja bahkan anak sekolah maupun mahasiswa. Mereka ini yang harus kita bina," tambah Elen.

Elen juga mengapresiasi bazar dan pameran produk UMKM ini untuk dapat mendorong perkembangan UMKM Sumsel menuju pertumbuhan ekonomi hijau dan berkelanjutan.

Elen mengatakan, kegiatan ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi pelaku UMKM di Sumsel, terutama UMKM binaan Bank Indonesia, untuk memasarkan produk terbaiknya, agar dapat dikenal tidak hanya di Sumsel tetapi juga sampai ke tingkat nasional bahkan sampai ke mancanegara.

Kegiatan ini adalah wujud kepedulian Bank Indonesia kepada pelaku UMKM, terutama bagi UMKM binaan Bank Indonesia untuk dapat didorong menjadi UMKM naik kelas.

BACA JUGA:eKuliner Awards 2024, Apresiasi dari Kemenparekraf dan Paxel untuk UMKM Kuliner Terbaik Indonesia

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Hadiri Puncak Peringatan Hari UMKM Nasional 2024

Kegiatan ini menunjukkan bahwa Bank Indonesia terus berkontribusi positif bagi pembangunan ekonomi masyarakat.

"Pada kegiatan ini, kita mengharapkan terjalinnya kolaborasi antara Bank Indonesia dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, untuk mendorong perekonomian daerah melalui UMKM yang menghadirkan para pelaku UMKM binaan Bank Indonesia dari wilayah Sumatera Selatan untuk dapat berkarya lebih maju," paparnya.

Selaku Pemerintah dan juga sebagai pembina UMKM, Elen mengatakan ingin menyampaikan ucapan selamat kepada para pelaku UMKM yang terpilih dalam kegiatan semarak UMKM 2024 ini, seraya mengucapkan terima kasih kepada Kepala Perwakilan Bank Indonesia di Sumsel yang sudah berkomitmen untuk mendukung perkembangan UMKM.

Kategori :