Inventarisir Adat Budaya Lokal, Pemkab Muara Enim Gelar Diskusi Kelompok Terfokus

Jumat 25-10-2024,12:00 WIB
Reporter : Ozi
Editor : Andre

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Pemkab Muara Enim melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) menggelar Diskusi Kelompok Terfokus (Focus Group Discussion/FGD) untuk menginventarisir adat budaya dan kearifan lokal di Bumi Serasan Sekundang.

Hal ini dilakukan guna mendukung Pencatatan Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) Tahun 2024.

Kegiatan bertempat di Ballroom Hotel Griya Sintesa Muara Enim, pada Kamis 24 Oktober 2024.

Dihadiri segenap Camat, perwakilan OPD, kegiatan ini dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Syarpuddin, dengan peserta 25 pemangku adat eks-marga di Kabupaten Muara Enim.

BACA JUGA:Studi Tiru ke Bali, Pj Bupati Muara Enim Inginkan Satpol PP Kreatif dan Inovatif Tegakkan Perda

BACA JUGA:Lapas Muara Enim Lakukan Razia Kamar Warga Binaan

Syarpuddin menerangkan bahwa kegiatan ini merupakan usaha Pemerintah dalam melindungi Kekayaan Intelektual Komunal yang merupakan identitas khas dari masing-masing daerah.

"Tak hanya nilai budaya dan moral, KIK juga memiliki nilai ekonomi yang bermuara kepada kesejahteraan bersama," ujarnya.

Untuk melindungi KIK, pada tahun 2023 Pemkab Muara Enim telah membentuk Sentra "HAK KITE" (Sentra Hak Kekayaan Intelektual Muara Enim) yang ada di Mal Pelayan Publik (MPP) sebagai wadah untuk memfasilitasi pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual di Kabupaten Muara Enim.

Melalui kegiatan ini, Asisten mengimbau kepada seluruh peserta yang merupakan Ketua Pembina Adat Kabupaten Muara Enim beserta, Para Tokoh Budaya, Ketua Sanggar dan Komunitas Budaya Muara Enim untuk dapat terus bersinergi.

BACA JUGA:Evaluasi Kinerja Triwulan I, Pj Bupati Sampaikan Inflasi Terkendali dan Progres Capaian Prioritas Pembangunan

BACA JUGA:Pemkab Muara Enim Dorong Minat Olahraga Panahan

Memanfaatkan momentum ini semaksimal mungkin untuk menyatukan persepsi mengenai isu, topik, terkait Kekayaan Intelektual Komunal.

"Tujuan untuk menginventarisir adat budaya dan kearifan lokal Muara Enim dapat terakomodir dengan baik," tukasnya.

Kategori :