Pj Gubernur Paparkan Berbagai Potensi dan Capaian Pembangunan di Provinsi Sumsel

Kamis 24-10-2024,19:04 WIB
Reporter : Citra
Editor : Andre

"Komoditas kopi memiliki peran penting dan menjanjikan dalam perekonomian nasional, sehingga memang kita perlu untuk terus dorong,” tambahnya.

BACA JUGA:Terima Kunjungan Silaturahmi Kepala RRI Palembang, Ini Kata Pj Gubernur Sumsel

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel dan Pj Walikota Bahas Penataan Kota Palembang

Upaya menjadikan komoditi kopi Sumsel agar dikenal dunia, pihaknya memberikan akses dan edukasi kepada petani mulai dari pemupukan kopi, bantuan alsintan, sampai dengan tata kelola pasca panen.

“Guna meningkatkan produktivitas kopi, brand, hingga standar pengemasan kopi juga dilakukan agar masuk ke pasar global,” terangnya.

Lebih jauh Elen menuturkan, Pemerintah Provinsi Sumsel terus berupaya untuk membangkitkan ekonomi Sumsel termasuk hilirisasinya produk unggulannya.

“Saat ini Pemerintah Provinsi Sumsel  tengah berusaha mempercepat realisasi pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat yang nantinya akan menjadi pusat distribusi barang/logistik,” tambahnya.

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Sebut Pentingnya Kekompakan dalam Membangun Daerah

BACA JUGA:Pj Gubernur Imbau Masyarakat Sumsel Waspadai Bencana Banjir

Keberadaan Pelabuhan Tanjung Carat ini akan menggantikan keberadaan Pelabuhan Boom Baru, karena sudah tidak bisa dikembangkan lagi, disebabkan lokasinya yang berada di tengah kota.

“Tinggal nanti kita finalisasi, waktu itu masih menterinya Pak Budi Karya Sumadi, tapi kami juga komunikasikan ke Pak Dirjen mengenai skema ini, dan sedang dipersiapkan, nanti tentu kita dorong lebih cepat untuk ini kita bisa langsung operasional, saya yakin Sumsel ke depan itu akan semakin lebih maju pemerataan pembangunannya,” tutur dia.

Tak hanya itu, pihaknya juga tengah fokus pada pembangunan infrastruktur termasuk ruas jalan tol, kereta api yang masuk dalam program pemerintah pusat.

Selain itu juga menyelesaikan Bendungan Tiga Dihaji, Irigasi Lematang terus dikebut untuk meningkatkan produksi beras.

BACA JUGA:Pj Gubernur Bersama Kepala OJK Hadiri FGD Pengembangan Kopi Sumsel

BACA JUGA:Pj Gubernur Hadiri Paripurna Pelantikan Dwi Septaria Sebagai Anggota DPRD Provinsi Sumsel

“Sumatera Selatan itu adalah produsen beras, yang kedua terbesar di Luar Jawa setelah Sulsel. Dari angka statistik yang ada produksi kita itu sekitar 1.700 ton per tahun dan konsumsi kita hanya setengahnya, sekitar 800 atau 900,” tambahnya.

Kategori :