Angin Puting Beliung di Muara Enim Sebabkan Puluhan Atap Rumah Rusak dan Ratusan Pohon Tumbang

Kamis 24-10-2024,14:11 WIB
Reporter : Ozi
Editor : Andre

Hal senada dikatakan Lestari (43) salah satu pedagang kuliner di lokasi kejadian, bahwa kebetulan ia sudah berjualan durian kupas di lokasi ini sekitar 5 tahun.

BACA JUGA:Diterjang Angin Kencang, 3 Rumah Warga di PALI Alami Kerusakan

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca Sumsel 23 Mei 2023, 8 Kabupaten dan Kota Berpotensi Hujan Disertai Angin Kencang

Dan selama berjualan memang sudah beberapa kali kejadian seperti ini, namun kali ini adalah yang paling parah.

Bahkan dirinya beberapa waktu yang lalu pernah tertimpa dahan pohon namun masih selamat.

Atas kejadian ini, ia berharap kepada Pemerintah dan pihak terkait untuk melakukan pembersihan dan pemotongan terhadap pohon-pohon yang telah mati atau membahayakan masyarakat.

"Saya yang rusak tertimpa pohon adalah tenda dan perlengkapan untuk berjualan. Padahal tenda ini aku buat yang benar-benar kuat dan berkualitas," akunya.

BACA JUGA:Dump Truk Tronton Angkutan Batu Bara di Muara Enim Tabrak Mobil Sedang Parkir, Begini Kondisinya

BACA JUGA:Lapas Muara Enim Lakukan Razia Kamar Warga Binaan

Plt Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Muara Enim, Saprioma di lokasi evakuasi, mengatakan bahwa musibah angin puting beliung di Kota Muara Enim termasuk yang paling parah.

Akibat kejadian ini, dari informasi sementara yang masuk puluhan rumah rusak terutama bagian atapnya, beberapa fasilitas umum rusak seperti tiang listrik dan jaringannya serta rumah dinas dan sekolah.

"Kita sudah berupaya melakukan evakuasi dari semalam, namun karena hujan lebat dan PLN mati evakuasi memang sedikit menemui kesulitan, dan pagi ini kita lanjutkan proses evakuasi tersebut. Untunglah tidak ada korban jiwa hanya kerugian material," jelasnya.

Saat ini, pihaknya bersama instansi terkait fokus melakukan evakuasi dan pembersihan pohon-pohon yang tumbang menutupi jalan dan rumah serta fasilitas umum.

BACA JUGA:Rumah Panggung di Muara Enim Hangus Terbakar, Ini Dugaan Penyebabnya

BACA JUGA:Puslitbang Polri Gelar Penelitian Penerapan ETLE Polres Muara Enim

"Untuk data pasti belum ada karena petugas masih melakukan inventarisir berapa banyak yang terkena dampak dari musibah angin puting beliung ini," tukasnya.

Kategori :