Pj Gubernur Pimpin Apel dan Simulasi Mitigasi Bencana Banjir di Provinsi Sumsel

Rabu 23-10-2024,10:05 WIB
Reporter : Citra
Editor : Andre

PALEMBANG, ENIMEKSPRES.CO.ID - Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi memimpin langsung Apel dan Simulasi Mitigasi  Bencana Banjir di Provinsi Sumsel.

Apel bertempat Halaman Shooting Range Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Rabu 23 Oktober 2024.

Dalam apel gabungan yang melibatkan TNI/Polri, Pol PP, dan Instansi terkait tersebut, Elen mengatakan, Sumsel baru saja mengalami masa-masa yang cukup berat yang menyita banyak waktu, tenaga, pikiran dan perhatian untuk menanggulangi bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan.

"Berakhirnya musim kemarau yang berpotensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan ini adalah kabar baik bagi kita semua," katanya.

BACA JUGA:Pj Gubernur Imbau Masyarakat Sumsel Waspadai Bencana Banjir

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Apresiasi Kerja Sama Implementasi Opsen PKB, BBNKB, Pajak MBLB

Namun lanjut Elen, pasca musim kemarau, saat ini Sumsel memasuki musim penghujan dengan curah yang tinggi.

Karena itu dibutuhkan persiapan akan dampak yang ditimbulkan seperti bencana banjir dan tanah longsor.

"Hari ini kita bersama di sini adalah salah satu bagian dari upaya pencegahan dan kesiapsiagaan bencana," ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan, mitigasi untuk mengurangi risiko terjadinya bencana perlu dilakukan dengan penyiapan peralatan dan personel untuk kesiapsiagaan menghadapi bencana dan simulasi untuk meningkatkan kemampuan personel serta uji fungsi dari peralatan yang ada.

BACA JUGA:Pemprov Bersama Kabupaten Kota Se-Sumsel Tingkatkan Kualitas Kepegawaian Melalui Sistem Merit

BACA JUGA:Jadi Agenda Rutin, Sekda Sumsel Senam Pagi Bersama OPD

"Banyak yang harus kita lakukan seperti perbaikan kondisi lingkungan memperbaiki fungsi daerah atau wilayah resapan air, daerah aliran sungai, atau daerah lereng perbukitan yang gundul atau kritis dan lainnya," ungkapnya.

Elen menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan dan kontribusi seperti dukungan personel dan peralatan dalam penanganan bencana di Sumsel.

"Kita gelar apel sekaligus dapat melaksanakan uji fungsi dari kemampuan personel dan kesiapan peralatan kita masing-masing, sehingga dapat menjadi bahan evaluasi apa yang menjadi kekurangan untuk dapat kita sempurnakan lagi," pungkasnya.

Kategori :