Pj Gubernur Dorong Para Kepala Daerah Se-Sumsel Tingkatan Kemampuan Guru dengan Metode Pembelajaran Gasing

Jumat 11-10-2024,21:17 WIB
Reporter : Citra
Editor : Andre

PALEMBANG, ENIMEKSPRES.CO.ID - Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi, memimpin rapat peningkatan pemahaman numerasi dengan metode pembelajaran Gampang, Asyik dan Menyenangkan (GASING) pada Satuan Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Kegiatan bertempat di Auditorium Graha Bina Praja Pemprov Sumsel, Jumat 11 Oktober 2024.

Metoda Gasing merupakan salah satu  bentuk komitmen dari Pemprov Sumsel dalam mendukung inovasi pendidikan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), mencetak generasi yang mampu bersaing, berinovasi, serta berkontribusi dalam pembangunan daerah dan bangsa.

Pj Gubernur Elen Setiadi mengapresiasi Prof. Yohanes Surya yang telah melakukan  inovasi di bidang pendidikan matematika melalui metode pembelajaran Gasing.

BACA JUGA:Pengawas Sekolah dan Guru di Muara Enim Ikuti Diklat Implementasi Coaching

BACA JUGA:Selamat! Instruktur LKP Zakiyah Muara Enim Raih Juara III Nasional Pada KKIN Bidang Desain Grafis

Metode ini menurut dia dapat menjadi solusi nyata bagi kalangan pelajar dalam memahami matematika dengan cara mudah, menyenangkan, dan tidak membosankan.

“Metode Gasing dapat menjadi solusi dalam menghadapi tantangan pembelajaran numerasi, sehingga anak-anak kita tumbuh menjadi generasi yang cerdas, kreatif, dan kompetitif. Kami yakin ketika anak-anak kita diberikan kesempatan. Mereka mampu menunjukkan prestasi yang lebih baik,” ungkapnya.

Elen mengimbau kepada seluruh para Kepala Daerah atau Bupati/Walikota se-Sumsel untuk dapat mendukung  dan berperan aktif penerapan metode ini.

“Para Bupati dan Walikota serta Kepala Dinas Pendidikan, kami mengimbau untuk betul-betul dan sungguh-sungguh dalam menyiapkan perbaikan pendidikan dan literasi anak-anak kita ke depan,” imbuhnya.

BACA JUGA:Siswa SIT Fathona Muara Enim Tampil Memukau saat Baca Puisi di Bucu-Bucu

BACA JUGA:Sekda Sumsel Apresiasi Digelarnya SULE-IC Unsri Tahun 2024

Sementara itu, Prof. Yohanes Surya, Ph.D selaku Senior Academic Chancellor yang juga sebagai pencetus metode pembelajaran Gasing mengatakan, metode ini dapat membuat anak-anak lebih kreatif dan bahagia dalam belajar.

Dia menyebut saat ini setidaknya ada 108  Kabupaten di 31 Provinsi sudah menerapkan metode ini.

“Di Papua ada 23 Kabupaten dari 42 kabupaten di Papua, jadi sudah sekitar 60%, kalau untuk di Provinsi Sumatera Selatan, itu Kabupaten Musi Banyuasin yang sudah menerapkannya,” katanya.

Kategori :