Kampung Berseri Astra Ngilngof: Pesona Khas Maluku Tenggara

Senin 02-09-2024,07:06 WIB
Reporter : Citra
Editor : Andre

ENIMEKSPRES.CO.ID - Hamparan pasir putih sepanjang tiga kilometer di Pantai Ngurbloat, Desa Ngilngof, Maluku Tenggara, seakan menjadi alas untuk para wisatawan dalam menikmati kilauan matahari, panorama berlangit jingga, hingga keramahan penduduk sekitar.

Desa Ngilngof adalah salah satu dari Kampung Berseri Astra di Maluku yang mendapatkan berbagai apresiasi atas upaya dalam mengembangkan pariwisata berbasis komunitas dengan unsur seni dan budaya yang disuguhkan oleh warga sekitar.

Terlepas dari Pantai Ngurbloat, Kampung Berseri Astra Ngilngof memiliki objek wisata dengan daya tarik lainnya, yaitu budidaya bakau di Pantai Yoanora, eduwisata bahari di Teluk Hoat Hawet, serta pesona alam di Danau Ablel dan Pulau Ohoiew.

“Astra memiliki komitmen untuk senantiasa berkontribusi dalam mendorong terciptanya pengembangan masyarakat, salah satunya melalui Kampung Berseri Astra. Pengembangan tersebut dilakukan untuk memaksimalkan potensi kedaerahan yang ada, sehingga mampu membawa perubahan positif dan kemajuan untuk hari ini dan masa depan Indonesia,” ujar Chief of Corporate Affairs Astra, Riza Deliansyah.

BACA JUGA:Mantap! Desa Sejahtera Astra Samosir Ekspor 770 Kg Rempah Andaliman ke Eropa

BACA JUGA:Hacktrace Independence Day Competition 2024, Spentera Umumkan 3 Pemenang

Pembinaan Kampung Berseri Astra Ngilngof dilakukan sejak tahun 2022, dengan fokus pada bidang kesehatan, pendidikan, kewirausahaan dan lingkungan, untuk mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas, dan produktif.

Dengan mata pencaharian utama masyarakat sekitar yang bergantung pada sektor pariwisata dan perikanan,  pengembangan yang dilakukan berupa pelestarian terumbu karang, budidaya lamun dan bakau untuk mengatasi abrasi pantai, serta pembuatan paket wisata Eco Tourism.

Atas dedikasi tersebut, Kampung Berseri Astra Ngilngof telah menarik 126.521 wisatawan sepanjang tahun 2023 untuk berkunjung, atau setara dengan pendapatan sekitar Rp625 juta.

Melihat animo wisatawan atas pesona yang diberikan di Kampung Berseri Astra Ngilngof, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia memberikan apresiasi dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia 2023 dengan predikat Juara 1 Promosi Pariwisata Digital, peraih ASEAN Homestay Awards 2023 – 2025.

BACA JUGA:Yuk Ikuti Lomba Foto & Anugerah Pewarta Astra 2024, Hadiahnya Mulai Smart Watch hingga Sepeda Motor, Loh!

BACA JUGA:Dialog Ilmiah dan Budaya Indonesia-Iran berlangsung di Jakarta

Serta juara 1 dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2021 pada kategori Desa Wisata.

Pada tahun 2022, Museum Rekor Dunia Indonesia menetapkan Pantai Ngurbloat sebagai pantai dengan pasir putih terhalus di dunia.

Dalam menjaga keberlanjutan potensi wisata, Kampung Berseri Astra Ngilngof berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia melaksanakan Fiesta Kei Island, atau yang disebut dengan Ngilngof Fiesta, sebuah acara tahunan dalam mempromosikan potensi wisata dan budaya setempat.

Kategori :