3 Jenis Sabar yang Diajarkan Rasulullah

Senin 12-08-2024,12:39 WIB
Reporter : Sherli
Editor : Leo

ENIMEKSPRES.CO.ID – Hidup di dunia ini adalah hanya tempat persinggahan saja, kita hidup di dunia juga mempunyai ujian yang berbeda-beda.

Semua orang yang hidup di dunia pasti di uji tetapi memang mereka diuji berbeda-beda dan tingkat diujipun juga berbeda.

Rasulullah selalu menjadi panutan kita, sehingga jika kita diuji maka bersabarlah.

Dikutip oleh enimekspres.co.id dari beberapa sumber, ada 3 jenis sabar yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, diantaranya :

BACA JUGA:Tak Hanya Menyegarkan, Buah Blewah Memiliki 8 Manfaat Penting untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

1.Sabar Dalam Ketaatan Kepada Allah SWT

Di dalam kesabaran sesungguhnya kebaikan dalam melakukan ketaatan lebih dituntut oleh syara’ daripada kebaikan meninggalkan maksiat.

Dalam bersabar untuk ketaatan kepada Allah SWT ini memiliki 3 jenis, yaitu :

a.Sabar sebelum tergesa-gesa melakukan perbuatan tersebut, membetulkan niat ikhlas dan menjauhi unsur riya di dalam diri.

BACA JUGA:Kenapa Makan Alpukat dan Pisang Tidak Boleh Bersamaan? Ini Alasannya

b.Sabar dalam keadaan sedang mengerjakan sesuatu ketaatan sepaya tidak lalai, tidak malas dan tidak khusuk menjalankan ibadah.

c.Sabar selepas daripada beramal, yaitu janganlah melihat diri sendiri dengan pandangan yang ujub atau bangga dengan diri sendiri yang telah dimiliki.

2.Sabar Dalam meninggalkan Maksiat dan Hal yang Dilarang

Dalam hal ingin berbuat baik itu sangatlah susah, apalgi jika kita ingin meninggalkannya, semakin kita ingin meninggalkan perbuatan yang maksiat, semakin dia datang mendekat, inilah yang membuat kita harus bersabar dalam meninggalkan maksiat dan juga perkara-perkara yang haram lainnya.

Kategori :