Pemprov Sumsel Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Kabupaten OKU, Segini Nilainya

Senin 27-05-2024,07:15 WIB
Reporter : Febi
Editor : Andre

BATURAJA, ENIMEKSPRES.CO.ID - Pemprov Sumsel disampaikan Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni, menyalurkan bantuan untuk korban terdampak banjir di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Penyerahan bantuan bertempat di pendopo Rumah Dinas (Rumdin) Bupati OKU, Kabupaten OKU.

Fatoni mengatakan, Pemprov Sumsel telah berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat, seperti BNPB dan Kementerian Sosial.

BNPB juga telah meninjau langsung lokasi bencana serta menyerahkan bantuan secara simbolis.

BACA JUGA:PT Bukit Asam Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Tanjung Enim

Bantuan yang diberikan di antaranya Dukungan Operasional DSP Rp200 juta, Dukungan Logpal Perahu Polytelin (PE) dan mesin 1 unit.

Kemudian tenda pengungsi 2 unit, tenda keluarga 30 unit, sembako 200 paket, makanan siap saji 200 paket, hygiene kit 200 paket, family kit 200 paket.

Lalu, selimut 200 lembar, matras 200 lembar, kasur lipat 50 unit, velbed 25 unit, genset 3 unit, light tower 2 unit, lampu solar panel 2 unit, pompa alkon 5 unit,  dan pompa apung 5 unit.

“Selain itu Pemprov telah melakukan langkah-langkah cepat penanganan bencana dengan melakukan peninjauan langsung bersama Tim BPBD, Tim Kesehatan dan Tim Dinas Sosial untuk melakukan pendataan, memberikan bantuan,  dan memberikan pelayanan kesehatan,” kata Fatoni.

BACA JUGA:Pemkab Muara Enim Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Tanjung Enim

Pemprov Sumsel juga telah melakukan kajian bersama Pemerintah Pusat dan Kabupaten/Kota guna melihat penyebab bencana.

Hal ini juga sejalan dengan arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) agar Pemprov mengkaji penyebab dan menyiapkan langkah-langkah jangka pendek, menengah, dan panjang.

Dengan demikian, banjir tidak hanya diatasi saat ini saja namun dapat dilakukan mitigasi dan antisipasi sebelum kejadian bencana.

"Bencana ini sudah bisa kita prediksi. Makanya saya minta agar semua selalu waspada banjir dan melakukan langkah antisipasi atas kemungkinan-kemungkinan yang terjadi seperti banjir dan longsor saat curah hujan tinggi," ujarnya.

BACA JUGA:PT Bukit Asam Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Bandang di Kabupaten Agam dan Tanah Datar

Kategori :