Justru yang terbaik adalah selalu menjaga jangan sampai berkendara dengan beban sampai menyentuh batas maksimal karena ini termasuk salah satu tips penting dalam merawat motor listrik agar lebih awet.
Tidak melebihi dari kapastitas maksimum ini berlaku juga bagi sepeda listrik yang dilengkapi pedal gowes manual apa pun merek dan tipenya.
Tambahan dari sepda listrik yang menggunakan pedal gowes manual, tidak disarankan berkendara di tanjakan dengan memaksa.
Karena sepeda listrik yang sering dipaksa di tanjakan juga berpotensi mengalami panas berlebihan.
BACA JUGA:Yuk Simak! Ternyata Ini 6 Kemungkinan yang Membuat Sudah Banyak Motor Listrik Bekas Dijual
Pemicu lain ialah karena ada kurusakan pada kumparan tembaga yang menggulung sehingga tidak bisa mengalirkan listrik sempurna.
Dalam kondisi tersebut, jika motor listrik terus berjalan maka akan menghasilkan panas berlebihan.
Lalu, overheat pada motor listrik bisa disebabkan oleh kerusakan pada bantalanan dinamo, atau biasa juga disebut bantalan dengan nama As.
Nah, As itu perputaranya tidak lancar sehingga beban dinamo mejadi berat, dan perputaran yang berat itulah yang memicu panas berlebihan.
BACA JUGA:Motor Listrik Model Vespa Lebih Keren, Ini 9 Rekomendasinya, Silakan Dipilih
Kerusakan lain dari bantalan atau As ini bisa juga dalam bentuk lain, seperti tidak lurus sempurna.
Motor listrik yang kini mulai dilirik banyak masyarakat khususnya di Indonesia karena dikenal simpel penggunaan, minim komponen, ramah lingkungan, serta murah biaya operasional.
Itu benar jika pemiliknya tahu dan memahami akan seluk beluk motor listrik kesayangannya, terutama memahami bagaimana perawatan dan bagaimana memperlakukan tunggangan masa depan tersebut dengan baik.
Sebaliknya, jika pemahaman akan motor listrik nihil, maka bisa jadi penggunanya akan dengan sembrono dalam berkendara yang ujungnya sudah tentu berakibat pada kerusakan fatal.
BACA JUGA:Jangan Pernah Lupakan Sejarah! 10 Rekomendasi Motor Listrik Model Vespa Terkini, Nomor 7 Wow Banget