BACA JUGA:4 Ciri-ciri Kampas Rem Mobil Rusak, Nomor 3 Wajib Waspada Saat Dialami
Hindari menginjak pedal rem dan pedal akselerator secara bersama saat kendaraan sedang melaju, itu dapat menahan output mesin.
Hindari penggunaan pedal akselerator dan pedal rem pada waktu bersamaan untuk menahan henti kendaraan di tanjakan.
Kendaraan dengan transmisi manual:
- Jangan menekan pedal rem dan akselerator rem secara bersama selama pengendaraan, karena bisa menahan output mesin.
BACA JUGA:Hindari! 5 Kebiasaan Ini Dapat Menyebabkan Kampas Kopling Mobil Cepat Habis
BACA JUGA:8 Tips Merawat Kampas Rem Mobil Agar Tetap Pakem, Nomor 6 Tidak Boleh Ditawar
- Jangan memindahkan gigi tanpa menekan pedal kopling secara penuh.
Setelah memindahkan, jangan membebaskan pedal kopling dengan kasar.
Melakukan hal tersebut akan merusak kopling, transmisi dan roda gigi.
Berikutnya, ketika memarkir kendaraan (kendaraan dengan transmisi otomatis), selalu posisikan rem parkir, tuas pemilih ke posisi P.
Kesalahan dalam melakukannya mengakibatkan kendaraan bergerak atau berakselerasi tiba-tiba bila pedal gas ditekan secara tak sengaja.
Mencegah kerusakan komponen kendaraan:
Ke arah mana pun roda kemudi jangan diputar, termasuk tidak direkomendasikan menahannya.