Peran Koperasi Sebagai Penggerak Roda Perekonomian

Kamis 29-09-2022,12:02 WIB
Reporter : Ozi
Editor : Redaksi Enim Ekspres

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Guna meningkatkan peran koperasi sebagai salah satu penggerak roda perekonomian di Kabupaten Muara Enim.

Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Muara Enim menggelar sosialisasi Organisasi dan Kelembagaan Koperasi Tahun 2022.

Sosialisasi dibuka Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muara Enim H. Riswandar di Hotel Griya Sintesa Muara Enim, Rabu 28 September 2022.

Hadir selaku narasumber Direktur Pengembangan Potensi Daerah, Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI Suhartono.

BACA JUGA: Produk Kerajinan Khas Muara Enim Lebih Diminati

Kemudian, Kepala Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Muara Enim, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Prabumulih Agus Prawira, para OPD, serta Kepala Cabang Bank Sumsel Babel, BUMN, dan BUMS.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Muara Enim, Husin Aswadi, menjelaskan sosialisasi Organisasi dan Kelembagaan Koperasi Tahun 2022 diikuti oleh 40 peserta dari Koperasi di Kecamatan Muara Enim.

Tujuannya, untuk menambah wawasan pengetahuan bagi seluruh pengurus koperasi khususnya dalam mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB), yang merupakan salah satu dasar hukum koperasi itu sendiri.

“NIB ini sendiri diterbitkan oleh Lembaga OSS yang merupakan suatu bentuk pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik, dengan telah terdaftarnya koperasi pada sistem OSS ini, secara otomatis legalitas koperasi dapat diakui dan dapat dengan mudah mengembangkan usahanya secara legal,” jelas Husin Aswadi.

BACA JUGA: Salah Mengelola Koperasi Bisa Kena Sanksi Hukum

Pj Sekda Muara Enim, H. Riswandar, mengapresiasi kepada seluruh pihak, khususnya Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan yang telah menyelenggarakan giat sosialisasi tersebut.

RIswandar mengatakan koperasi adalah suatu wadah sekaligus motor penggerak perekonomian masyarakat yang dalam menjalankan kepengurusannya.

Koperasi membutuhkan sumber daya manusia yang profesional dan tangguh serta berdaya saing.

Riswandar menegaskan, peran pengurus dan pengelola koperasi sangatlah penting dalam mengatasi persoalan dan tantangan perekonomian yang terjadi saat ini.

BACA JUGA: Tingkatkan Usaha Koperasi di Muara Enim, Dinkop UKM Gelar Sosialisasi Dukungan Informasi Penyedian Permodalan

Kategori :