Kabar Gembira….Tol Kapal Betung September 2023 Selesai

Kabar Gembira….Tol Kapal Betung September 2023 Selesai

Jembatan Kramasan Merupakan Salah satu dari 3 Jembatan Yang ada di Jalan Tol Kayuagung-Palembang-Betung--

ENIMEKSPRES.CO.ID,PALEMBANG---Pemerintah pusat melalui PT Waskita Sriwijaya Tol (WST) tengah mengkebut penyelesaian pembangunan jalan Tol Kayuagung- Palembang-Betung (Kapal Betung). PT WST menargetkan Tol Kapal Betung selesai September 2023 atau kuartal III tahun ini.

Direktur Utama PT WST, Herwidiakto mengungkapkan bahwa Tol Kapal Betung masuk dalam prioritas untuk selesaikan pada 2023 ini. Sebab Tol Kapal Betung merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera.

“Sekarang ini untuk konstruksi pembangunan jalur tol Keramasan- Betung sudah mencapai 48,34 persen. Secara keseluruhan ditargetkan pembangunan jalan tol Kapal Betung jalur Keraman-Betung selesai pada kuartal III 2023 atau September tahun ini,” ujar Herwidiakto.

“Mudah-mudahan target tersebut tepat waktu, sehingga jalur tol Kapal Betung bisa difungsikan untuk dilalui kendaraan pada tahun ini,” tambah dia.

Herwidiakto menambahkan secara umum untuk pengorasian jalur tol Kapal Betung akan dilakukan bertahap. Pertama, tahap awal untuk jalur tol Sungai Rengas- Pangkalan Balai ditargetkan operasi triwulan I atau Maret 2023. “Ada enam rest area dari Kayuagung hingga Betung nantinya,” tukas Herwidiakto.

Sementara itu, Bupati Banyuasin Askolani Jazi membenarkan kalau tol Keramasan hingga Betung ditargetkan pembangunannya selesai pada September 2023.

“Kalau tol Keramasan-Betung sudah difungsikan, harapannya bisa mengurai kemacetan yang sering terjadi di lintas timur dari Betung hingga Palembang,” tukas dia.

“Selain bisa mengurai kemacetan, keberadaan jalan tol ini harapan lainnya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” harap Askolani.

Askolani menerangkan awalnya di Pangkalan Balai tidak ada exit tol. Tapi Pemkab Banyuasin memperjuangkan harus ada exit tol. Sebab banyak manfaatnya untuk masyarakat.

“Mudah-mudahan PT WST bisa menyelesaikan jalan Tol Kapal Betung tepat waktu, September sudah selesai,” tutur Aslolani.

Diketahui jalan tol Kapal Betung sepanjang 111,69 km. Dengan estimasi perjalanan dari Kayuagung ke Betung sekitar 1,5-2 jam perjalanan atau bisa memangkas separuh waktu perjalanan. Di mana kalau melalui jalan nasional lintas timur dari Kayuagung- Betung membutuhkan waktu 5-6 jam.

Sebelumnya, Gubernur Sumsel Herman Deru berharap pembangunan jalan tol Palembang- Betung juga cepat selesai pada 2023 ini dan pembangunan jalan tol Prabumulih-Muara Enim segera dibangun. Hal ini bertujuan untuk mempermudah konektifitas lalu lintas di Sumsel melalui jalur tol.

Keinginan tersebut disampaikan oleh orang nomor satu di Sumsel itu dihadapan sejumlah media, saat meninjau progres pembangunan jalan tol Indralaya-Prabumulih, Sabtu (14/1/2023).(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: