Herman Deru Berharap Tol Betung Cepat Selesai dan Tol Muara Enim Segera Dibangun

Herman Deru  Berharap Tol Betung Cepat Selesai dan Tol Muara Enim Segera Dibangun

Gubernur Herman Deru mengecek progres pengerjaan jalan tol Indralaya-Prabumulih--

ENIMEKPSRES.CO.ID---Gubernur Sumsel Herman Deru berharap pembangunan jalan tol Palembang- Betung juga cepat selesai dan pembangunan jalan tol Prabumulih-Muara Enim segera dibangun. Hal ini bertujuan untuk mempermudah konektifitas lalu lintas di Sumsel melalui jalur tol.

Keinginan tersebut disampaikan oleh orang nomor satu di Sumsel itu dihadapan sejumlah media, saat meninjau progres pembangunan jalan tol Indralaya-Prabumulih, Sabtu (14/1/2023).

Diketahui, kontraktor pembangunan jalan tol Kayuagung- Palembang- Betung (Kapalbetung), PT Waskita Toll Road (WTR) tengah mengkebut penyelesaian pembangunan jalan tol tahap II Kramasan-Betung sudah mencapai 48 persen pada akhir 2022 lalu. Ditargetkan jalan tol Palembang-Betung Selesai pada kuartal III 2023 ini.

Untuk pengoreasian tol ini, akan dilakukan secara bertahap di 2023 mulai dari Sungai Rengat menuju Pangkalai Balai.

Diketahui Tol Kayuagung-Palembang- Betung (Kapalbetung) ini totalnya sepanjang 111,69 Km, terdiri dari dua tahap yakni tahap I Kayuagung -Keramasan dan tahap II Keramasan-Betung.

“Akan ada 6 rest area di ruas Tol Kapalbetung nantinya. Ruas Tol Kapalbetung ini merupakan ruas tol Trans Sumatera. Jika sudah selesai dari Kayuang Agung ke Betung bisa ditempuh dengan waktu 90-120 menit,” kata Direktur Utama PT Waskita Sriwijaya Tol, Herwidiakto dalam suatu kesempatan.

Sementara itu, itu pembangunan jalan Tol Prabumulih-Muara Enim, Pj Bupati Muara Enim sebelumnya mengungkapkan saat ini baru pembebasan lahan yang sudah mencapai 8-10 persen. “Kita berharap pembangunan jalan tol Prabumulih-Muara Enim bisa dilanjutkan pemerintah pusat, agar terkoneksi dengan tol Indralaya-Prabumulih  hingga tembus ke Bengkulu,” ujar Kurniawan.

Ketika meninjau jalan Tol Indralaya-Prabumulih, Gubernur Herman Deru  mengapresiasi pembangunan jalan tol Indralaya-Prabumulih progress pembangunannya tepat waktu dan akan selesai Maret 2023. Sejumlah jembatan sudah dibangun, hampir separuh jalan sudah diaspal.

Herman Deru menilai percepatan pembangunan jalan tol Indralaya-Prabumulih sangat penting dilakukan, sebab sudah sangat dinantikan masyarakat untuk bisa dilalui. “Kalau Maret  2023 ini sudah selesai, saat Idul Fitri kendaraan sudah bisa melintas,” ucap Gubernur.

Project Director Jalan Tol Indralaya-Prabumulih Sarjono menerangkan untuk pembangunan jalan tol sudah mencapai 89 persen. Sementara pembebasan lahan sudah 96 persen.

“Maret 2023 kita pastikan sudah selesai pembangunan jalan tol Indralaya-Prabumulih dan sudah bisa beroperasi,” terang Sarjono.(*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: