Bukan Hanya Tanjung Enim, PTBA Juga Dukung Pariwisata Lain di Indonesia

Bukan Hanya Tanjung Enim, PTBA Juga Dukung Pariwisata Lain di Indonesia

penanaman terumbu karang di pulau pahawang yang dilakukan PTBA--

ENIMEKSPRES.CO.ID---Bukan hanya Tanjung Enim yang akan dijadikan kota wisata oleh PT Bukit Asam  Tbk (PTBA). Perusahaan batubara milik pemerintah ini juga mendukung pengembangan pariwisata di Indonesia.

Direktur Utama PTBA, Arsal Ismail menerangkan PTBA berkomitmen mendukung kemajuan pariwisata di Indonesia. Beberapa dukungan PTBA sudah dilakukan diantaranya penanaman dan perawatan terumbu karang di Pulau Pahawang, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung yang dilakukan PTBA bersama Lampung Underwater.

“160 bibit terumbu karang yang ditanam, seperti jenis acropora, mortifore, ocuminata dan acropora micropthalma,” terang Arsal Ismail.

Lanjut Arsal Ismail, penanaman terumbu karang ini untuk menjaga pesona laut Pahawang, yang pariwisatanya sudah terkenal secara nasional dan internasional.

Kemudian ada juga program pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS). Di mana PTBA bekerjasama dengan Balai Taman Nasional Berbak Sembilang (BTNBS) dan Balai Pengeloaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Musi. Di mana PTBA ikut memulihkan kondisi pulau Alanggantang, Kabupaten Banyuasin, Sumsel. Di mana sejak 2021 PTBA sudah melakukan penanaman hutan mangrove untuk rehabilitas DAS seluas 300 hektar.

Jika hutan mangrove lestari, maka burung-burung migran dari Siberia, Rusia akan singgah di pulau ini untuk mencari makan pada Oktober hingga Februari setiap tahunnya. Sehingga banyak menarik wisatawan datang ke pulau ini. Sehingga pariwisata dan perekonomian masyarakat bergerak, dengan banyaknya wisatawan yang hadir di pulau Alanggantang.

Ada juga pengembangan pariwisata lain, di mana PTBA mendukung Borobudur menjadi Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) melalui pemeliharaan dan rehabilitas DAS seluas 344 hektar di kawasan Bukit Menoreh, Kabupaten Kulonprogo, Provinsi Yogyakarta.

“Hal ini dilakukan untuk mencegah pelapukan batu struktur candi Borobudur dan sumber air dari bukit Menoreh yang menjadi sumber kehidupan masyarakat dan pengembangan pariwisata sekitar,” lanjut Arsal Ismail.

Pengembagan wisata lain yang sekarang menjadi fokus PTBA adalah menjadikan Tanjung Enim sebagai kota wisata. Bersama Pemkab Muara Enim terus berupaya membangun fasilitas untuk mewujudkan Kota Tanjung Enim yang merupakan kota batubara menjadi tempat wisata di masa yang akan datang.

Secara bertahap PTBA sudah membangun fasilitas wisata yakni mini zoo dan jogging track, museum batubara, penataan kawasan kota Tanjung Enim dan lainnya, serta beberapa program lain untuk mewujudkan Tanjung Enim sebagai kota wisata.

“Apa yang dilakukan PTBA ini, untuk membangun peradaban, dan mendukung kesejahteraan masyarakat dimasa mendatang, sebagaimana noble purpose PTBA sebagai holding BUMN pertambangan MIND ID,” beber Arsal Ismail.(*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: